Tips Ajarkan AL Qur'an Pada Anak Terlambat Bicara

kisah inspirasi keluarga anak terlambat bicara

Adam Rasyid Khan Bin Muto Sokhimin
Wah wah wah, kira-kira kali ini saya mau cerita tentang apa ya? Yes, ijinkan saya berbagi kisah tentang Adam, yang terus belajar Al qur'an meski belum bisa berbicara.

Mom, dibanding dengan dua kakak perempuannya, Adam memang spesial lho. Saat kakak-kakaknya nyaris tak pernah masuk rumah sakit (dirawat), pada usia 7 bulan Adam sudah masuk RS dan hingga kini sudah ke sekian kalinya.

Saat Kak Nahla dan Kak Amira di usia 13 dan 11 bulan sudah bisa berjalan, sampai saat ini duduk sendiri pun Adam belum bisa di usianya hampir dua tahun. Ya, Oktober nanti Adam genal dua tahun. Dan saya 30 tahun (lho, kok saya ikut woro-woro. Biarin ya siapa tahu ada yang mau mengado saya  )
Adam masih menjalani fisioterapi secara rutin, juga latihan bicara dengan banyak rangsangan. Pokoknya saya mengusahakan yanh terbaik untuk Adam termasuk membawanya kepada herbalis.

Pun tentang bicara, Adam baru bisa "ba bu ba bu" dan "pap pap pap" sama "owah uwah".
Tapi mom, meski Adam begitu, saya tetap memberikan pengajaran Al Qur'an kepadanya.

Mengapa?
Masih ingat kan oleh-oleh saya dari keluarga hafidz, Tabarak El Laboody dari Mesir? Dr.El Laboody bersama istri terus memperdengarkan muratal sejak usia anak-anak mereka 0 bulan.

Nah bagaimana dengan Adam?
Dengan latar belakang saya yang mengajar, suka ngetik-ngetik (bukan ngelitik), mulang ibu-ibu, masih ngumbahi juga (nyuci  ) sama gawean rumah tangga lainnya, inilah yang biasa saya lakukan bareng Adam.
Bisa dipraktekkan pada bayi-bayi masing-masing ya, mom. 

- Nyanyi huruf hijaiyah

Karena mau jadi penyanyi udah keburu tobat duluan, akhirnya nyanyi sama Adam aja. Waktu dia makan, waktu dia saya ajak bicara, saya sering sekali nyanyiin huruf hijaiyah. Cek di youtube versinya macan-macam. Ala ala malaysia, indonesia, upin-ipin, diva, arabic, won won, dll.
Jadi, rumah saya rame kalau saya nyanyi. Adam senang, dan biarkan piring di dapur juga nyanyi he he

- Tilawah di dekatnya

Saya meyakini indra pendengarannya normal dan mampu menyerap apa yang didengar. Kalimat buruk saja, anak anak mudah meniru dari awalnya mendengar. Jadi saya rasa, harus banyak banyak tilawah di dekatnya.
Biasanya kalau saya murojaah, sambil saya elus kepalanya. Biasanya saya nangis kalau ngaji sambil neneni dia. Aduhai putraku sayang...

- Pura-puranya main sekolah-sekolahan

Abinya, sering melakukan ini. Adam dipangku. Lalu terjadi percakapan yang dijawabnya sendiri.
Ayo Mas Adam, ini dibaca apa? (sambil nunjuk jilid atau tempelan yang saya buat di dinding)
Ya betul. Ini a i u.
Ini apa Mas Adam?
Ba ro da
Ka la ma
Ki ta ba
dll

- Ngajarin kakak dengan melibatkan Adam

Kak Amira udah jilid dua. Kalau dia masih ngaji, saya suka sambil ngajak bicara Adam. Meski dia masih tiduran atau digendong abinya . Apa tujuannya? Penyerapan kata, komunikasi efektif, dan bonding. Insya Allah.

- Setelin muratal

Kurangi memperdengarkan lagu-lagu yang melenakan, ganti dengan lantunan ayat suci.
Hafidz Talking Doll, teman Adam :)

- Selama terapi dan sebelum tidur, sambil bersenandung ayat-ayat Al Qur'an

Habis mandi, pakai minyak telon sambil diajak baca An Nas
Fisioterapi, sambil diajak baca An Naba'
Mau bobo, kelonan, ngaji lagi sambil banyak dipeluk dan dicium.

Nikmat sekali rasanya mom berada di tahap ini. Saya meyakini semua itu berdampak luar biasa ketika balita nanti. Seperti dulu juga saya praktekkan pada kak Nahla dan Kak Amira.

Sekian dulu ya mom, lain waktu saya bagi kisah lain. Silakan share agar semakin banyak orangtua yang meraih manfaatnya dengan mengajarkan kepada permata hati tercinta.
With love, 
Ummu Nahla~

COMMENTS

BLOGGER
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Tips Ajarkan AL Qur'an Pada Anak Terlambat Bicara
Tips Ajarkan AL Qur'an Pada Anak Terlambat Bicara
kisah inspirasi keluarga anak terlambat bicara
https://4.bp.blogspot.com/-CUvFlQLqmSU/WZGxaIJn0yI/AAAAAAAAA4g/eTfHlQ7q7MAUy88NUPzjs0GjcrHZUoR5wCLcBGAs/s320/20728202_10211556713806870_8860602283410131123_n.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-CUvFlQLqmSU/WZGxaIJn0yI/AAAAAAAAA4g/eTfHlQ7q7MAUy88NUPzjs0GjcrHZUoR5wCLcBGAs/s72-c/20728202_10211556713806870_8860602283410131123_n.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2017/08/ajarkan-al-quran-anak-terlambat-bicara.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2017/08/ajarkan-al-quran-anak-terlambat-bicara.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy