Penyebab rumah tak bisa rapi

Suka sebal deh kalau rumah berantakan. Udah diberesin, berantakan lagi. Hmm, apalagi ibu-ibu seperti saya yang masih punya batita, pastin...

Suka sebal deh kalau rumah berantakan. Udah diberesin, berantakan lagi. Hmm, apalagi ibu-ibu seperti saya yang masih punya batita, pastinya susah sekali rumah untuk rapi. Sering saya merapikan mainan si kecil. Baru sekeranjang mainan itu tuntas dibereskan, dia datang senyum-senyum lalu menumpahkannya. Alamak! Bisa encok saya kalau tiap kali dia tumpahkan, saya paksa membereskan. Akhirnya memang saya biarkan dan mengambil penghujung hari sebagai waktu beberes.

Rumah berantakan. www.vemale.com

Pernah juga beberes meja makan, eh tetiba suami datang naruh celana sama handuk di kursi. Haduh, kenapa nggak taruh di jemuran atau di gantungan sih? Hehe, sebal mode on lagi. Tetapi, sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa kita telisik, mengapa rumah tak bisa rapi. Ini menjadi bagian upaya kita para ibu rumah tangga untuk mendeteksi apakah penyebab ini ada di rumah kita atau tidak.

Suka menunda pekerjaan

Pernah nggak, serumah baru makan, lalu kita biarkan saja piring, sendok, gelas, mangkuk, dan semuanya dibiarkan tergeletak saja karena udah capek masak dan melakukan serangkaian pekerjaan rumah lainnya?

Kalau ini pernah terjadi, bisa jadi salah satu penyebab rumah tak rapi. Karena kita udah asyik rehat hingga malas untuk merapikannya. Akibatnya, meja makan terlihat berantakan dan tak sedap dipandang mata. Baiknya, setelah selesai makan, bekasnya segera dirapikan. Baru lanjut kegiatan yang lain.

Barang tidak kembali pada tempatnya

Bayu asyik membaca komik. Saat itu dia masih membaca seri ketiga. Buku seri pertama dan kedua tergeletak tak beraturan di kanan kiri tubuhnya. Tinggal sepuluh halaman lagi selesai, terdengar Mama memanggilnya dari dapur. Bayu pun segera beranjak dan melempar komik ke kasur, tanpa merapikannya terlebih dahulu.

Rupanya Bayu disuruh Mama mandi karena sebentar lagi harus les. Bayu pun mandi dan bergegas berangkat les. Mama kaget bukan main begitu masuk ke kamar anak sulungnya yang sudah SMP itu. tiga buku berserakan di atas kasur, bersama dengan bantal dan guling yang juga tak beraturan. Mama pun memegangi keningnya.

Nah, kalau yang anak-anak juga dewasa punya perilaku seperti Bayu, bisa kasihan Mama. Harusnya, barang-barang itu kalau sudah selesai dipakai, dikembalikan pada tempatnya. Selain membuat rumah selalu rapi, ini wujud empati pada tokoh yang suka bersih-bersih. Duh, suka bersih-bersih. Saya banget. Hehe.

Banyak barang tak terpakai

Punya barang bekas tak terpakai? Jual saja di OLX. Hihi. Ngiklan banget bahasanya ya. Coba perhatikan rumah anda. Jangan-jangan masih suka menyimpan barang yang jelas-jelas bertahun-tahun nggak ada manfaatnya tapi berasa sayang kalau dibuang.

Contohnya saja begini: Suatu ketika anda dan pasangan tengah kerja bakti membersihkan rumah. Pasangan tanya “Ini dibuang boleh nggak, Ma?” lalu anda menjawab “Jangan dibuang yang itu. Nanti kalau mendadak butuh gimana?” Anda selalu menjawab begitu tiap kali ada barang yang menurut pasangan sudah layak dibuang saja karena memang tak ada gunanya lagi. Sudah terbukti bertahun-tahun hal itu.

Kalau ini dibiarkan, rumah anda bisa terlihat seperti gudang, meskipun setengah mati sudah berusaha membuatnya rapi. Mengapa? Karena terlalu banyak menyimpan barang bekas.

Yuk tengok rumah kita. Saya mendadak kangen nih. Mudah-mudahan rumah kita bisa rapi ya.


COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Penyebab rumah tak bisa rapi
Penyebab rumah tak bisa rapi
http://3.bp.blogspot.com/-oxhrvf2NmaQ/VoPmpU024eI/AAAAAAAAA0s/ps2vF37xPU8/s640/berantakan.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-oxhrvf2NmaQ/VoPmpU024eI/AAAAAAAAA0s/ps2vF37xPU8/s72-c/berantakan.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2015/12/penyebab-rumah-tak-bisa-rapi.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2015/12/penyebab-rumah-tak-bisa-rapi.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy