Kapankah Waktu yang Tepat Mengajari Balita Baca Qur’an?

Assalamualaikum, Hafshah Amira Kaifiy, lahir 3 Desember 2013 Hujan di bulan Desember semakin sering turun ya, alhamdulillah. Bagaim...

Assalamualaikum,

Hafshah Amira Kaifiy, lahir 3 Desember 2013
Hujan di bulan Desember semakin sering turun ya, alhamdulillah. Bagaimana, apakah semangat ayah ibu sekalian untuk mengajari anak belajar Qur’an juga semakin turun? Semoga saja tidak ya. Semangat itu kadang naik turun karena ada saja faktornya. Salah satunya karena kita adalah manusia.

Iman kita kadang stabil sehingga amal ibadah apapun bisa kita kejar meski berjuta keterbatasan melanda. Iman kita pun kadang labil sehingga amal ibadah seringan apapun kadang terlalaikan meski tak ada aral melintang.

Di usia bawah lima tahun (balita), mereka masih asik-asiknya bermain, bereksplorasi, juga tentunya mencari perhatian. Jadi kalau ditanya, kapankah waktu yang tepat untuk mengajarkan mereka belajar abata? Adalah waktu ketika si anak bisa dimasuki ilmu. Kapan itu? Adalah ketika jiwanya bahagia.

Orangtua tentu mengetahui ciri-ciri anaknya tengah bergembira, sedih, atau biasa saja. Ketika mood anak terlihat baik, cobalah ajak mereka belajar. Belajarnya anak balita tentu saja berbeda dengan anak usia enam ke atas.

Ayah bunda bisa mengambil kartu huruf hijaiyah untuk dikenalkan kepada mereka. Caranya? Bisa dengan permainan. Salah satunya adalah permainan mencari huruf. Sembunyikan empat atau lima huruf pada tempat-tempat yang berbeda satu sama lain. Misalkan huruf alif di belakang pintu depan, huruf ba’ di balik tirai ruang tengah, huruf ta’ di kolong meja tamu, dan sebagainya.

Ajak anak bermain mencari huruf dengan gaya anda yang ekspresif dan menyenangkan mereka. Tatap matanya dan pastikan dia memerhatikan anda. Buat konsentrasi dia hanya tertuju pada permainan anda. Menyalanya teve dan aneka music bisa mengganggu konsentrasinya. Maka jika anda tengah “bermain” dengan si imut, hilangkan hal-hal yang membuat konsentrasinya berpaling.

Permainan lain adalah satu hari satu huruf. Ini bisa dilakukan sejak anak usia dua tahun lho ayah, bunda. Anda bisa membuat tempelan ini sendiri secara sederhana. Menggunakan kertas kalender yang sudah tak berlaku juga bisa. Potong dengan bentuk yang menyenangkan, lalu tuliskan huruf-huruf yang ingin anda kenalkan. Masing-masing huruf anda buat tiga buah. Lalu setiap hari anda tempel huruf tersebut di dinding rumah. Itung-itung sekalian untuk dekorasi rumah ya, hehe. Jadi tahu juga kan kalau kalender bekas pun ada manfaatnya.

Pastikan balita anda sudah mengenal betul huruf tersebut. Jika target sudah tercapai, pada hari berikutnya anda bisa menambah huruf yang berbeda. Pengalaman saya pada Amira (tanggal 3 Desember kemarin baru genap 2 tahun), efektif juga menggunakan cara ini sebagai pengenalan. Malah efek positifnya itu anak menjadi ketagihan karena mereka suka saat kita memotong dan menempel-nempel “hiasan” yang dikhususkan untuk mereka.

[next] Jadi, waktu itu dia sudah bisa membaca a dan ba. Lalu begitu saya tempelkan huruf ta dan tsa, dia bilang “agi agi agi” yang artinya “lagi lagi lagi”. Ehm, mirip teletubbies ya ayah bunda. Maka saya pun memastikan dia tahu kedua huruf tersebut dulu baru menambah huruf lagi.

Mengenai waktu, buat sefleksibel mungkin. Jika anda memiliki banyak waktu di rumah dengan si kecil, itu berarti anda bisa lebih leluasa memerhatikan moodnya. Jadi kapanpun bisa dimasuki untuk belajar. Jika anda bekerja, misalkan berangkat pukul 8, pulang pukul 4 sore. Maka anda harus pandai-pandai memanfaatkan waktu bakda maghrib sampai menjelang isya. Jika anak terlihat lelah, alternatif lain adalah di pagi hari sebelum anda berangkat bekerja.

Ingat, kesampingkan banyak alasan untuk mengajari generasi Qur’ani kita untuk belajar. Karena semakin banyak alasan, semakin enggan kita untuk mengajarinya. Semoga Allah kuatkan azzam kita untuk mendidik mereka menjadi buah hati permata jiwa, yang mencintai Al Qur’an hingga akhir masa. Semoga bermanfaat!



COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Kapankah Waktu yang Tepat Mengajari Balita Baca Qur’an?
Kapankah Waktu yang Tepat Mengajari Balita Baca Qur’an?
https://4.bp.blogspot.com/-f4mqi8pkO9o/VmhPTVA65bI/AAAAAAAAAug/-R9-MeHWxCw/s320/12006574_10205986072224312_1117651202614110784_o.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-f4mqi8pkO9o/VmhPTVA65bI/AAAAAAAAAug/-R9-MeHWxCw/s72-c/12006574_10205986072224312_1117651202614110784_o.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2015/12/kapankah-waktu-yang-tepat-mengajari.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2015/12/kapankah-waktu-yang-tepat-mengajari.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy