Siapa saja teman menulismu? Ini lima teman menulis saya!

Sejauh ini saya sudah membuktikannya. Kalau teman menulis mendukung, semakin baik saja kualitasnya. Bahkan jadikan saya betah berlama-lama di depan komputer

Bagusnya kualitas tulisan yang dihasilkan oleh penulis, salah satunya ditentukan oleh siapakah teman menulisnya. Setidaknya itu menurut saya. Sejauh ini saya sudah membuktikannya. Kalau teman menulis mendukung, semakin baik saja kualitasnya. Bahkan jadikan saya betah berlama-lama di depan komputer. 

Picture from google


Jika yang terjadi adalah sebaliknya, bisa jadikan saya mutung (mogok nulis) lantaran nggak ada teman yang klik buat nulis. Kok sepertinya saya ketergantungan sekali ya. Begitulah, barangkali pembaca sekalian ada yang memiliki ketergantungan serupa saya.

Lalu siapakah atau apa sajakah yang dikatakan sebagai teman menulis? Saya mengartikannya sebagai “sesuatu yang menemani kita saat mencari ide, membuat konsep tulisan, atau saat kita menuangkannya benar-benar dalam bentuk tulisan jadi (mengetik).

Ada lima “sesuatu” itu yang biasa menemani saya saat menulis. Mereka bisa menemani saya ber-satu, berdua, atau mungkin bertiga saat saya rajin banget mencet tuts keyboard.

Pertama, lantunan Al Qur’an
 
Picture from google
Serasa ada semangat yang menggetarkan jiwa bila ditemani dengan suara merdu yang satu ini. Saya biasa mengetik dengan internet yang selalu on. Jadi sembari menulis, saya suka biarkan youtube menyala menayangkan video murottal dari berbagai qori’. Paling suka saya mendengarkan Moh Toha Al Junayd, Syeikh Mishari Rasyid, dan Syeikh Ghamidi.

Kedua, lagu kesukaan

Apa lagu favorit anda? Saya kadang suka lagu roman yang melo banget. Suka juga dengan lagu nasyid yang menghentak-hentak penuh semangat. Misalkan suami masih menyetel lagu kesukaannya yang saya tidak suka, saya lebih memilih menghentikan menulis, atau meminta beliau menggantinya. Cuman yang jadi godaan itu, misal saya terlampau asik sama lagunya, saya jadi ikutan bernyanyi, dan membuat apa yang saya tulis itu adalah lirik lagunya. Hehe.

Ketiga, camilan
 
Picture from google
Menulis itu menghabiskan energi. Betul tidak? Sebisa mungkin saya dekatkan minuman dan camilan agar sewaktu-waktu haus atau lapar, tidak perlu berdiri meninggalkan tempat duduk. Paling tidak saat saya menulis, ada air putih beserta pasangannya. Bisa biskuit, snack ringan seperti pisang sale, keripik, atau bahkan kerupuk saja ^_^

Keempat, suasana hening

Saya lebih suka bertemankan suasana hening saat menulis daripada riuh ramai seperti ada perayaan Agustusan. Di rumah hal ini bisa berlaku. Tapi saat saya harus mengejar DL di tempat kerja, mau tidak mau saya harus fokus meski kanan kiri ramai seperti pasar. Eh bukan pasar dink. Kayak sekolah. Eh, nggak. Maksudnya, memang saya kerja di sekolahan gitu. Jadi mau tak mau saya harus siap dengan riuh ramainya anak-anak dan aktifitas teman guru.

Kelima, internet

Karena masih membahas teman, maka saya tidak akan menjelaskan tentang guna internet saat kita nulis. Ehm, langsung saja spesifik buat menghindari kejenuhan saja, sesekali buka medsos gitu. Atau saya kadang membiarkan Hp ada di samping saya. Kalau ada notifikasi WA atau BBM, bisa langsung buka kalau memang tulisan udah nyampe titik. Perhatian, bila anda punya kebiasaan internet menjadi teman saat menulis, tanamkan komitmen bahwa anda akan memprioritaskan menulis daripada banyak membuang waktu buat nengok-nengok beranda facebook atau twitter. Peace ah!


COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Siapa saja teman menulismu? Ini lima teman menulis saya!
Siapa saja teman menulismu? Ini lima teman menulis saya!
Sejauh ini saya sudah membuktikannya. Kalau teman menulis mendukung, semakin baik saja kualitasnya. Bahkan jadikan saya betah berlama-lama di depan komputer
http://2.bp.blogspot.com/-tCKWa0a7kIQ/VkQhIHZRUnI/AAAAAAAAAqY/cZt5eKpcaEs/s1600/mengetik.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-tCKWa0a7kIQ/VkQhIHZRUnI/AAAAAAAAAqY/cZt5eKpcaEs/s72-c/mengetik.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2015/11/siapa-saja-teman-menulismu-ini-lima.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2015/11/siapa-saja-teman-menulismu-ini-lima.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy