Kala Si “Galau” Bertamu Kepada Ibu Rumah Tangga

Assalamualaikum, para istri, ibu, mama, ummi…. Yang namanya galau, tak jarang datang tanpa permisi dalam kehidupan kita. Kehidupan ruma...

Assalamualaikum, para istri, ibu, mama, ummi….

Yang namanya galau, tak jarang datang tanpa permisi dalam kehidupan kita. Kehidupan rumah tangga. Dia mengganggu jiwa seperti menurunkan semangat bekerja, berbuat baik, mendidik anak dengan sabar, bahkan sampai juga terus membisikkan dugaan-dugaan negatif terhadap pasangan. Saya merasa, saat si galau ini datang kepada kita, para ibu rumah tangga, oh…semuanya menjadi kacau!

Bayangkanlah! Sebelum turun dari tempat tidur, pikiran kita sudah kalut. Mau bangun malas, karena kebayang banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Entah itu pekerjaan rumah atau pekerjaan di kantor yang juga telah menunggu untuk disentuh. Begitu bangun, pikiran yang terus menerus membuat kita gelisah itu lantas memengaruhi emosi. Saat anak bangun misalnya, suami tidak segera bangun. Padahal kita masih sibuk dengan cucian, masakan, dan sapuan. Karena kita masih galau, enggan sekali membangunkan suami. Inginnya dengan sendirinya dia bangun dan memahami perasaan kita. Pokoknya kita harus dimengerti. Titik.
Gambar dari www.infounik.org


Masya Allah, luar biasa ya dampaknya kalau si galau datang kepada ibu rumah tangga. Saya kadang jengkel sendiri kalau kena galau. Ya seperti yang sudah saya jabarkan, semuanya jadi tidak enak. Omong-omong, kalau kita telisik lebih jauh, galau itu pasti memiliki sebab musabab. Walau mungkin akarnya susah untuk ditebak. Penting juga kita tahu sebab si galau datang. Karena ini bisa jadi jurus ampuh agar dia tak berlama-lama di jiwa kita.

Kondisi keuangan yang menipis

Saya masih ingat sebuah quote lucu namun mengena. Uang memang tidak dibawa mati. Tapi kalau nggak punya uang, serasa mau mati. Hehe. Begitu bunyinya. Jika saldo bulanan kita mulai menipis, bisa jadi ini menjadi salah satu penyebab galau. Kita jadi bingung besok-besok mau makan apa. Bingung juga apakah sebelum akhir bulan masih sempat beli sabun cuci, sabun mandi, ngajak anak-anak ke wahana permainan kesukaan, atau sekadar bisakah kita beli majalah favorit.

Mau minta suami, bawaannya takut melulu. Takut suami belum ada uang tambahan, takut suami juga punya kebutuhan lain, bahkan kita benar-benar takut dianggap sebagai istri yang nggak bisa ngatur keuangan keluarga. Duh!

Nggak enak badan

Sebetulnya mungkin kita tipe ibu rumah tangga yang sigap. Beberapa pekerjaan bisa diselesaikan cepat dalam satu waktu. Memasak sambil menemani anak mengulang hafalan Qur’annya. Mengucek cucian sambil mendongeng cerita apa saja karena si balita masih sibuk main masak-masakan di samping kita. Alasannya dia mau deket sama ibu. Atau mungkin sembari nunggu nasi matang di ricecooker, kita nyalakan laptop, lalu nulis artikel. Artikelnya kelar, nasinya matang, dan perut pun lapar. Lalu makan deh. ^_^

Itu bisa dilakukan kalau kita S E H A T. Yang namanya nggak enak badan tuh ya nggak enak. Bisa jadi badan lemes karena kurang darah, tubuh menggigil, sering batuk-batuk, mendadak hidung meler, begitulah. Bukan penyakit yang serius, tapi sangat mengganggu. Akibatnya jadi galau lantas pekerjaan jadi tercecer tak karuan.

Stress, butuh hiburan

Pernahkah anda seperti kekurangan piknik? Ayolah, jika anda merasakan galau dan gelisah tak menentu, cobalah untuk refreshing. Mungkin pikiran anda terlalu penat. Memikirkan anak sakit, suami pemarah (misalnya), keluarga besar menyakiti hati, dll. Pergilah ke tempat yang anda sukai. Jangan bayangkan anda harus berlibur ke tempat yang jauh. Jika anda suka pantai dekat tempat tinggal anda, pergilah ke sana. Berteriaklah sekencang mungkin.
 
Gambar dari www.serbasembilan.com
Jangan pula menjadi orang yang terlalu introvert. Cobalah terbuka kepada orang yang anda percayai. Mungkin anda butuh berbagi. Itu saja. Karena pengalaman saya dan beberapa teman membuktikan, meluangkan waktu untuk berbagi cerita sukar kita, bisa mengurangi beban pikiran. Ada sedikit perasaan plong kalau kita membagikannya.

Komunikasi kurang lancar dengan pasangan

Apakah ini pernah terjadi dengan salah satu di antara kita? Perbaikilah. Sebisa mungkin, pasangan itu adalah teman sekaigus sahabat terbaik bagi kita. Sehingga tak ada alasan kita melirik lelaki lain untuk dijadikan tempat curhat. Ini sungguh menjadi perhatian kita bersama wahai para istri.
 
Kalau komunikasi lancar, bisa foto mesra macam ini. Foto pribadi Isna.

Saya tidak menyarankan agar kita selalu menjadi perempuan yang mudah mengalah. Tetapi, bila ada komunikasi yang serasa tidak baik, cobalah kita dulu yang ajak bicara. Sekalipun suami lah yang melakukan kesalahan dalam perbincangan dengan kita. Sekali lagi ini demi keharmonisan rumah tangga, dan menghindarkan kita dari kegalauan. Jujur saya merasa tidak nyaman bila di rumah diam-diaman dengan suami. Padahal mungkin kami hanya sama-sama gengsi untuk mengajak bicara dulu. Tapi untunglah kondisi ini nggak sampai lama. Belum ada satu jam saja kami sudah hiha hii lagi. Alhamdulillah.

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Kala Si “Galau” Bertamu Kepada Ibu Rumah Tangga
Kala Si “Galau” Bertamu Kepada Ibu Rumah Tangga
http://2.bp.blogspot.com/-RVNRRdDyNLc/Vllefa1w8bI/AAAAAAAAAr8/B5PYU2CGGSE/s400/galau1.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-RVNRRdDyNLc/Vllefa1w8bI/AAAAAAAAAr8/B5PYU2CGGSE/s72-c/galau1.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2015/11/kala-si-galau-bertamu-kepada-ibu-rumah.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2015/11/kala-si-galau-bertamu-kepada-ibu-rumah.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy