Inikah Bukti Cintamu Pada Al Qur'an?

Wahai jiwa-jiwa muslim. Benarkah kita mencintai kalamullah dengan sepenuh hati. Benarkah kecintaan yang terucapkan itu sudah dibuktikan deng...

Wahai jiwa-jiwa muslim. Benarkah kita mencintai kalamullah dengan sepenuh hati. Benarkah kecintaan yang terucapkan itu sudah dibuktikan dengan langkah nyata? Ataukah masih sebatas di ambang kata?

Wahai Ayah dan bunda solihah. Sudahkah kecintaan kita terhadap kitabullah, kita tularkan kepada anak-anak kita? Ataukah sebatas kita mencintainya saja tanpa peduli apakah generasi sesudah kita mencintai Al Qur'an juga?

Air mata ini seringkali menetes. Tulisan yang tergores ini sebenarnya ada sebagian yang menjadi jeritan hati. Jeritan hati yang mengatakan bahwa kecintaan diri ini terhadap Al Qur'an belum sebanding langkah nyatanya dengan apa yang diucapkan.

Al Qur'an yang proses transfernya dari malaikat Jibril kepada Baginda Rasulullah SAW hampir 23 tahun itu, sudah mengalami bermasa-masa proses selanjutnya hingga tersusun menjadi mushaf. Terbayang dalam lamunan seandainya sempat kita berada pada masa itu. Bisa jadi kita akan lebih mencintai Allah dan Rasul Nya, juga Al Qur'an yang suci. Bukan sebatas kata.

pict from www.kabarmuslimah.com


Namun, saudara saudariku, beberapa hal ini bisa membuktikan kita cinta kepada Al Qur'an dengan sebenar-benar cinta, meski kita hidup tidak pada jaman para sahabat Rasul.


  • Tilawah setiap hari
Cinta itu bukan hanya omong kosong. Cinta itu, melahirkan rindu untuk berjumpa. Berapa kali engkau berjumpa dengan Al Qur'an untuk membacanya? Itu akan menunjukkan seberapa dalam cinta dan kerinduanmu pada Al Qur'an.

Bukankah pada hari kiamat kelak, Al Qur'an akan datang kepada orang yang membacanya sebagai syafaat? Masya Allah, ini harus kita kejar. Jangan sia-siakan kemampuan kita membaca Al Qur'an hanya sebagai kebanggaan tanpa dijadikan pembiasaan setiap harinya.
  • Bersemangat menghafal Qur'an
Tidakkah kita malu bahwa saudara-saudara kita di Palestina tetap gigih menghafal Al Qur'an di tengah gejolak ketidakamanan pada negeri mereka? Malulah, dan perbanyaklah syukur dengan menghafal Al Qur'an di Indonesia yang subhanallah keadaannya jauh dan jauh lebih aman dari negara tersebut.

Kita bebas bernafas, menuntut ilmu, makan dan minum, beribadah, juga melakukan sekian aktivitas tanpa kecaman zionis. Cobalah untuk istiqomah menambah hafalan. Orang yang menghafal Al Qur'an akan menjadi keluarga Allah. Apalagi bila kita memiliki putra putri yang hafal Al Qur'an, insya Allah orangtua lah yang juga akan memperoleh kebaikan dan pahalanya. Tentu kita ingin bukan?

Dan menghafal Al Qur'an, menjadi satu bukti lagi bahwa kita mencintainya.
  • Membaca arti dan mentadaburi
Al Qur'an itu berbahasa Arab. Jika kita membaca terjemahannya sambil merenunginya dengan sepenuh hati, tiada yang tak mungkin kalau Allah akan menurunkan hidayah agung pada kita. Hidayah apa itu? Hidayah bahwa kita dipahamkan dengan maksud dan tujuan Allah dalam kalam tersebut. Karena jika sudah demikian, bahasa arab yang sehari-hari bukan menjadi bahasa kita, bukan menjadi problem lagi karena kita bisa mengerti artinya dari terjemahan yang sudah tersedia.

  • Mengamalkan untuk diri sendiri dan orang lain
Buktikan cinta kita pada Al Qur'an dengan mengamalkan apa isinya. Betapa kita tahu, firman Allah ada yang berisi perintah juga larangan. Mana yang menjadi perintah, kerjakanlah dengan sepenuh hati. Mana yang menjadi larangan, buang jauh dan jangan pernah diambil kembali jika pada suatu masa kita pernah menjalaninya.

Janganlah cukup menjadi solih untuk diri sendiri. Ajarkan ilmu Al Qur'an kepada orang lain. Anda bisa mengajari membaca, ajarkanlah. Anda bisa menuntun hafalan, ajarkanlah pula. Anda mengerti makna sebuah ayat secara detail dan mendalam, sampaikanlah!

Semoga kita termasuk umat Nya yang berusaha membuktikan cinta kepada Al Qur'an dengan sebenar-benar cinta. Panjatkan doa, perbanyak usaha, dan teruslah menjadi pribadi muslim pecinta Qur'an.

Sungguh, tak ada yang kita dapatkan dari belajar dan mengajarkan Al Qur'an, kecuali Allah akan memberikan predikat kepada kita sebagai "sebaik-baik manusia". Allahu akbar!

"Khoirukum man ta'allamal Qur'an wa a'llamahu."

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Inikah Bukti Cintamu Pada Al Qur'an?
Inikah Bukti Cintamu Pada Al Qur'an?
http://1.bp.blogspot.com/-0RvxSfzsMa8/ViueIL2ZPGI/AAAAAAAAAqI/aEAfbnwhJ5Q/s400/muslimah-menangis.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-0RvxSfzsMa8/ViueIL2ZPGI/AAAAAAAAAqI/aEAfbnwhJ5Q/s72-c/muslimah-menangis.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2015/10/inikah-bukti-cintamu-pada-al-quran.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2015/10/inikah-bukti-cintamu-pada-al-quran.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy