Semangat Dalam Keterbatasan ; tulisan Isnaeni DK yang pernah dimuat di rubrik NUANSA WANITA majalah Ummi 2013

majalah ummi nuansa wanita kepenulisan

Assalamualaikum pembaca sekalian, ini salah satu artikel saya yang dimuat di rubrik nuansa wanita majalah Ummi di tahun 2013. Bulannya kalau tidak Februari, Maret :-)
Picture from google

  Semangat Dalam Keterbatasan
Sebagai ibu rumah tangga (IRT), ada banyak problematika yang akan dihadapi dalam menjalankan tugas mulianya tersebut. Salah satunya, bagaimana kita, para istri dan ibu tetap bisa menikmati profesi IRT disaat banyak kesulitan yang melanda. Contoh, ketika suami sakit atau mungkin kondisi keuangan keluarga yang menipis. Tetapi tidak berhenti disitu saja. Karena apa? Karena dari satu permasalahan bisa menular pada permasalahan yang lain.

Biasanya, kita bisa memaklumi kalau anak-anak rewel. Ia merengek-rengek tak jelas padahal kita sudah berusaha memahami apa yang dia inginkan. Ide ini dicoba, ide itu diambil, namun tak kunjung bisa meredakan rewel si anak. Kita tetap berusaha mencari cara sampai si anak tenang. Tapi, ketika suami sakit, pikiran bercabang, bisa jadi kita tak sabar menghadapi mereka dan mudah saja meninggikan emosi. Emosi jadi labil, darah kita mendidih, dan anak-anak pun menjadi ‘korban’ kemarahan kita. Padahal, tahukan kita bahwa daya rekam anak terhadap apapun itu beribu kali dari kemampuan kita para orangtua? Termasuk apa yang kita lakukan pada mereka. Mereka akan merekamnya dengan baik, mengakumulasikannya, sehingga suatu saat ia menyimpulkan apakah kita layak menasehati mereka atau tidak! Begitu, ilmu yang saya dapat dalam sebuah seminar parenting dengan pembicara seorang trainer dan pakar pendidikan, Ustadz Anwar Jufri dari Semarang.

Ketika keuangan keluarga kurang lancar, atau ketika mendadak banyak persoalan dengan mertua atau keluarga besar, dan persoalan lainnya sudah pasti semua itu akan berpengaruh pada kinerja dan semangat kita di rumah. Lalu, kita pun lantas merasa bahwa kita sulit bergerak. Padahal, untuk menyandang IRT hebat, hendaknya sebisa mungkin kita bisa berikan yang terbaik untuk anggota keluarga meski kita sendiri sebenarnya merasa kepayahan. Mungkin kiat-kiat ini bisa kita lakukan agar semangat kita tak luntur dalam menjalani peran IRT, ketika keterbatasan tiba-tiba menyapa kita.
Picture from google
Pertama, cari satu waktu untuk kita bisa merenungi permasalahan yang ada. Dengan merenunginya, hati kita akan sadar bahwa Allah Yang Maha Kuasa tengah menguji kekuatan kita sebagai seorang IRT. Kita akan lulus, atau tidak.

Kedua, tetap jalin komunikasi dengan pasangan. Jangan takut dianggap lemah ketika kita berkeluh kesah dengan suami karena sudah selayaknyalah suami kita tahu apa yang kita rasakan. Dengan menjalin komunikasi, setidaknya bisa mengurangi beban dan suami akan merasa dihargai. Sekali pun kondisinya sedang tidak fit.

 Ketiga, jangan mudah panik. Kebanyakan wanita akan menggunakan perasaannya ketika menghadapi masalah. Nah, saat masalah itu muncul tanpa mengetuk pintu rumah kita, jangan mudah panik. Cobalah baca dengan logika, bukan dengan perasaan.

Keempat, dekat-dekatlah dengan Al Quran. Permasalahan itu bak penyakit. Dengan kita selalu membaca, mengerti makna, dan mentadaburi Al Quran, Insya Allah fungsinya sebagai Asy-Syifaa’ (penawar) bisa kita rasakan.

Kelima, jangan malas berdoa. Allah yang memberi ujian itu. Maka hanya kepadaNya lah kita memohon kekuatan.

Percayalah, wahai muslilah hebat! Laa yukallifullahu nafsan illa wus’ahaa. Kita tidak akan diuji Allah melebihi batas kemampuan kita. Jangan pantang menyerah, karena semuanya pasti berbuah hikmah. Jangan terpuruk, jika tak ingin keluarga kita ‘ambruk’. Dan, tetap semangatlah dalam keterbatasan!

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Semangat Dalam Keterbatasan ; tulisan Isnaeni DK yang pernah dimuat di rubrik NUANSA WANITA majalah Ummi 2013
Semangat Dalam Keterbatasan ; tulisan Isnaeni DK yang pernah dimuat di rubrik NUANSA WANITA majalah Ummi 2013
majalah ummi nuansa wanita kepenulisan
http://4.bp.blogspot.com/-pj1Ai3GJNyA/VfiJJhTuxhI/AAAAAAAAApk/sG801CHIjnw/s400/menulis.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-pj1Ai3GJNyA/VfiJJhTuxhI/AAAAAAAAApk/sG801CHIjnw/s72-c/menulis.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2015/09/semangat-dalam-keterbatasan-tulisan.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2015/09/semangat-dalam-keterbatasan-tulisan.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy