Kagum pada suami? Harus menurut saya!

Bismillahirrahmanirrahim.... Saat menorehkan tulisan ini, siang masih terik. Terbayang dalam pikiran saya seorang laki-laki yang hampir...

Bismillahirrahmanirrahim....

Saat menorehkan tulisan ini, siang masih terik. Terbayang dalam pikiran saya seorang laki-laki yang hampir delapan tahun ini menjadi pendamping hidup setia bagi saya. Menjadi ayah terbaik bagi dua putri saya. Dan sebentar lagi, insya Allah  dia akan mendapati seorang jundi mengekor di belakangnya saat berangkat shalat berjamaah di masjid.

Saya tengah berada di sekolah, mengisi waktu kosong mengajar dengan menulis. Terbayang juga putri pertama yang masih sibuk menghafal di ponpesnya, jua sang adik yang mungkin saat ini masih bersenda gurau dengan sang abi, atau mungkin baru saja makan siang.

Tanpa kita sadari, kebaikan suami itu tidak kita akui.

Ada satu naskah buku yang terbengkelai karena lelah fisik dan pikiran saat ini. Sehingga mengisi blog, menjadi pilihan cerdas saat ini karena tidak ditunggu editor. Tapi saya janji, naskah yang tertunda itu akan saya selesaikan segera. Itu tanggungjawab saya.

Apa pendapat anda para istri, tentang kagum kepada suami? Pernahkah? Seberapa penting menurut anda mengagumi suami anda sendiri? Menurut saya, itu suatu keharusan. Keharusan yang harus dimunculkan di dalam diri seorang istri. Terlepas apakah rasa kagum itu diungkapkan atau tidak, itu soal cara saja. Bagi saya, yang peting rasa itu harus ada. Mengapa?

Salah satu peran suami


Banyak kebaikan memancar di dirinya

Bunda Khadijah RA memiliki jarak usia 15 tahun dengan Baginda Rasulullah Muhammad SAW. Meski begitu bukan berarti Khadijah tiada kekaguman pada Rasulullah. Justru yang menjadikan beliau meminang Muhammad yang kala itu menjadi karyawannya, bukankah karena kekagumannya melihat akhlak Muhammad yang mulia? Kejujuran, kebaikan, ketekunan, juga hanif nya Muhammad lah yang menjadikan Khadijah terpesona.

Lalu sesudah mereka menikah? Khadijah makin kagum dengan Rasulullah atas segala kebaikan dan piawainya beliau menjadi imam dalam keluarga. Pun ketika Muhammad diangkat menjadi Rasul pada usia 40 tahun, Khadijah lah yang menenangkan dan memberikan kenyamanan karena wahyu yang diterima Muhammad SAW untuk pertama kalinya menjadikan dirinya ketakutan laksana orang sakit jiwa.

Bagaimana dengan kita? Para istri, tak bisa kita menyamakan kebaikan Rasulullah dengan kebaikan suami kita. Jauh dan akan sangat jauh sekali perbedaannya. Namun cobalah ingat selalu apa yang sudah dilakukannya selama ini untuk kita dan buah hati. Bagaimana perannya, bagaimana kemurahan hatinya, juga bagaimana dia menjaga rumah tangga kita dengan segala keterbatasan yang dia miliki.

Saya seringkali menangis bila mengingat kebaikan suami. Dari awal menikah hingga kini, dua sifat yang menonojol darinya menurut saya adalah sabar dan tidak pemarah. Setiap badai kesulitan yang pernah menerpa kami, selalu ia hadapi dengan kesabarannya. Setiap kali ada suatu hal yang tidak berkenan, dia begitu pandai mengelola emosi sehingga amarahnya tidak keluar.

Bersahabat dengan suami.


Kita butuh teladan

Apa yang baik, ambillah. Apa yang buruk, tinggalkanlah. Mustahil kita akan mendapati sisi kebaikan suami secara 100% sempurna. Namun tetaplah meneladani apa-apa yang bisa kita tiru.

Timbanglah apa yang menjadi sisi negatif kita, karena barangkali sisi positifnya ada pada si dia.

Contoh, saya mungkin salah satu istri yang suka nggak tenang misalkan ada masalah datang. Harus berpikir cepat agar masalah segera selesai. Alhasil, kadang hal itu membuat tingkat kepanikan saya tinggi dan kurang berserah kepada Allah Swt.

Dan, sisi negatif saya yang gegabah itu ternyata membuat sadar bahwa ketenangan berpikir dan kepasrahan saya temukan pada diri suami. Dia tidak mudah memutuskan sesuatu, namun selalu tenang dalam menganalisa sebuah permasalahan. Entah soal keuangan keluarga, pendidikan anak-anak, atau hidup bermasayarakat.

Meski tidak diungkapkan, suami membutuhkan pengakuan

Akuilah bahwa, suami adalah imam, dan kita adalah makmumnya. Akuilah bahwa, suami adalah pemimpin, dan kitalah  yang dipimpinnya. Akuilah bahwa, dia telah curahkan kasih sayangnya untuk kita, meski mungkin masih ada sosok ibu di hatinya yang menempati urutan pertama untuk ditaati. Akuilah bahwa, pengorbanan materi dan non materi telah dia berikan untuk kita dengan segala kebutuhan pribadinya yang kadang ia lupakan.

Saya jadi ingat. Kalau saya tawari “Abi beli baju ya?” atau mungkin celana panjang, kaos, sepatu, dll. Beliau seringkali menolak. Malah lebih memikirkan kebutuhan istri dan anak-anaknya. Makanya kadang langsung saya belikan saja, tanpa meminta pertimbangan.

Kembali kepada soal pengakuan. Pengakuan untuk semua itu harus ada, meski suami tak meminta kita mengungkapkan lewat tulisan atau ucapan. Pengakuan itu bisa kita ungkapkan dengan tingkah laku kita sebagai istri yang benar-benar menghargai beliau. Bukan acuh tak acuh terhadap hal-hal kecil yang kadang tak kita sadari betapa berartinya hal tersebut.

Contoh, dia yang selalu tersenyum, dia yang tak pernah lupa membelai anak-anak kita, dia yang selalu membiarkan kita tertidur pulas meski ketika dia tidur kita seringkali tak sabar ingin membangunkannya, dan lain sebagainya.



COMMENTS

BLOGGER: 13
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Kagum pada suami? Harus menurut saya!
Kagum pada suami? Harus menurut saya!
http://1.bp.blogspot.com/-NRo2TY55mdc/Vef1HQ7asjI/AAAAAAAAAnw/hW0_aNH2IF4/s400/1932289_10203913567532990_7053416890614792870_n.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-NRo2TY55mdc/Vef1HQ7asjI/AAAAAAAAAnw/hW0_aNH2IF4/s72-c/1932289_10203913567532990_7053416890614792870_n.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2015/09/kagum-pada-suami-harus-menurut-saya.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2015/09/kagum-pada-suami-harus-menurut-saya.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy