Pengin tulisan anda tembus ke majalah Ummi? Ini kisah saya!

Cerpen HOBI UNIK ISTRIKU karya saya Isnaeni DK Saya mengenal majalah Ummi sejak SMA, kira-kira pada tahun 2004. Saat itu suk...


Cerpen HOBI UNIK ISTRIKU karya saya Isnaeni DK

Saya mengenal majalah Ummi sejak SMA, kira-kira pada tahun 2004. Saat itu suka pinjam punya mbak-mbak pementor kajian agama islam di sekolah. Saat saya menikah di tahun 2008, mulailah sekali dua kali membeli majalah tersebut. Hingga di tahun 2009 saya mulai meneliti ada rubrik apa saja yang bisa saya kirimi tulisan.

Bismillah, bermodal keinginan untuk berbagi kepada muslimah pembaca majalah Ummi se antero Negeri, saya langsung melirik cerpen-cerpennya. Cerpen majalah Ummi memiliki tema yang sangat dekat dengan keseharian kita keluarga muslim. Mulai dari kehidupan rumah tangga, cinta, hingga karir seorang akhwat atau ummahat. Namun tentu saja tak pernah lepas dari tokoh seorang kaum adam, juga cara penyampaian kisah yang menarik. Penulisnya tidak hanya perempuan, yang laki-laki juga banyak.

Kala itu bulan November 2010. Saya memiliki beberapa ide cerpen. Dua diantaranya adalah, tentang seorang istri yang memiliki kegemaran belanja, sampai-sampai membuatnya lupa akan kebutuhan primer rumahtangganya. Sekali dia dapat uang, rasa hati tak sabar ingin menghabiskannya. Cerpen ini saya beri judul “Belanja”.

Satunya tentang perempuan yang selain sebagai ibu rumah, dia juga menjadi buruh cuci. Keikhlasan hatinya terus membuatnya gigih dalam bekerja meski suaminya sakit, dan kondisi dirinya selalu dalam kekurangan.

Dua ide itu akhirnya menjadi cerpen sungguhan bersama naskah lain yang saya kirim juga untuk rubrik nuansa kehidupan (sekarang sudah menjadi NUANSA WANITA, karena dulu rubrik nuansa kehidupan, dan dunia wanita dipisah). Saya mengirimkannya pada bulan yang sama, November 2009.

Di bulan Desember nya, saya terus mengirim. Cerpen dewasa, cerpen untuk rubrik permata (anak-anak), juga nuansa wanita. Yang tidak saya tinggalkan tentu doa. Pokoknya sembari terus berkarya, doa tak boleh dihentikan.

Sungguh tidak disangka, atas ijin Allah di akhir bulan Januari 2010 saya ditelepon redaktur majalah Ummi. Seorang perempuan dengan suara lembut nan keibuan memberi kabar bahwa cerpen saya akan dimuat di edisi Februari. Tumpah air mata saya. Saking bahagia dan tak menduga bahwa kesempatan untuk berkibar di media nasional begitu cepat saya dapatkan. Hanya berjarak 2 bulan saja dari pengiriman naskah. Masya Allah.

Majalah Ummu edisi Februari 2010


Cerpen yang berjudul “Belanja” diubah redaksinya menjadi “Hobi Unik Istriku”. Lho, kok istriku? Bukankah saya seorang penulis perempuan. Benar. Saya penulis perempuan, namun saya menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai laki-laki. Yang tak lain adalah suami dari si istri yang suka shopping itu.

“Jangan lupa sms kami lagi nomor rekening nya ya, Mbak.” Begitu lah si mbak menutup pembicaraan. Makin melebar saja bibir saya mendengarnya.

Makin pede lah saya. Dari bulan ke bulan saya semakin getol mengirimkan naskah ke majalah yang bernuansa islam ini. Karena menurut saya, majalah Ummi adalah sarana dakwah saya dalam menyampaikan kebaikan melalui kata, maka kesempatan untuk berkontribusi tak akan saya lewatkan.

Di bulan-bulan berikutnya, tulisan saya juga muncul di rubrik nuansa wanita (dua kali), cerpen anak PERMATA ( dua kali: Kartini dalam diriku dan Berbagi ayah ), dan satu cerpen dewasa lagi yang berjudul Diammu Bukan Emas.

Pada cerpen Diammu Bukan Emas, saya juga menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai laki-laki. Hingga kemudian saya berkesimpulan sementara, bahwa cerpen dengan penokohan utama sebagai laki-laki memiliki peluang yang cukup besar juga mengingat majalah Ummi adalah majalah perempuan islami. Dan penulis fiksi perempuan itu mungkin lebih banyak mengirim naskah ke majalah Ummi dibanding penulis laki-laki. Makanya saya pun mengambil peluang itu.

Ini kisah saya. Untuk syarat-syarat pengiriman naskah cerpen dan nuansa wanita ke majalah Ummi, insya Allah akan segera saya posting. Tunjuk tangan, siapa yang mau tahu? 


COMMENTS

BLOGGER: 9
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Pengin tulisan anda tembus ke majalah Ummi? Ini kisah saya!
Pengin tulisan anda tembus ke majalah Ummi? Ini kisah saya!
http://4.bp.blogspot.com/-IY7-YyquKJ0/VeMB-hu3KYI/AAAAAAAAAnM/fmUfwSR1On0/s400/IMG_20150830_200710.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-IY7-YyquKJ0/VeMB-hu3KYI/AAAAAAAAAnM/fmUfwSR1On0/s72-c/IMG_20150830_200710.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2015/08/pengin-tulisan-anda-tembus-ke-majalah.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2015/08/pengin-tulisan-anda-tembus-ke-majalah.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy