Agar Masa Kehamilan Tetap Menyenangkan : tips ala Isnaeni DK

Masa kehamilan, bagi saya selalu menjadi momen yang membahagiakan. Bayangan akan adanya anggota keluarga baru di rumah ini sudah mena...

Masa kehamilan, bagi saya selalu menjadi momen yang membahagiakan. Bayangan akan adanya anggota keluarga baru di rumah ini sudah menari-nari sejak kehamilan dinyatakan positif. Jadi ingat hamil pertama dulu. Masya Allah, saking senengnya sampai lama banget sujudnya dan meneteskan air mata.

Oh ya, saat ini saya tengah mengandung anak ke empat. Usia kehamilan enam bulan, dan saya sendiri 28 tahun. Ini merupakan karunia luar biasa yang alhamdulillah masih bisa saya rasakan.

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita ketika hamil, memunculkan beberapa reaksi yang bisa dibilang kurang nyaman. Mual-mual, sering lemas tak bertenaga, mudah capai, perubahan emosi yang menjadi labil, juga jadi manja.
 
Hepi saat hamil. Picture from www.1mobile.co.id

Meski begitu, alangkah nikmatnya bila momen istimewa ini tetap dijalani dengan menyenangkan.

Aduh, gimana bisa menyenangkan ya? Lha wong jadi orang hamil itu adalah hal yang berpayah-payah? Badan berubah bentuk, penampilan sedikit kelihatan aneh? Baju-baju nggak muat? masih kudu beberes rumah. Aaaa!

Ahay, ini ada 6 tips ala saya agar masa kehamilan tetap menjadi momen berharga dan tetap bisa dinikmati.

1.       Baca-baca

Bersyukur sekali Allah karuniakan hobi ini. Pun selama hamil, saya masih tetap suka membaca. Baca apa saja, yang saya suka dan saya anggap memiliki nilai manfaat. Saya suka membaca buku-buku yang berisi kisah-kisah inspiratif. Selain bisa memberikan inspirasi, biasanya dikemas dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Kondisi hamil seperti saat sekarang ini membuat saya hepi dengan bacaan tersebut karena otak tidak dipaksa memikirkan kosakata berat seperti tulisan-tulisan seputar dunia politik.
Al Qur'an al karim, majalah UMMI, dan buku Ayah karya Irfan Hamka

Selain buku kisah, majalah pun menjadi pilihan saya untuk dibaca. Majalah wanita islam bisa, majalah remaja, majalah anak-anak pun oke. Maklum, sembari saya memang butuh bacaan bergizi, dengan majalah tersebut saya memperoleh referensi rubrik yang bisa saya kirimi tulisan saya. Kalau dimuat, makin hepi juga nih saat mengandung. Tulisan dibaca banyak orang, dapat honor pula. Bisa buat persiapan persalinan!

Yang tak kalah urgennya, bacaan favorit saya adalah Al Qur’an. Inilah bacaan yang paling membuat saya nyaman lagi tenang. Dengan motivasi agar si jabang bayi mendapatkan stimulan tepat, saya niatkan juga sebagai ibadah. Bayi cerdas, ibu dapat berkahnya. Insya Allah.

2.       Pergi ke tempat yang disukai

Tempat yang saya sukai adalah ke toko buku. Kalau di Batang pas ada pameran buku, dijamin saya berkunjung lebih dari satu kali. Mungkin benar-benar “jalan-jalan” alias lihat-lihat saja nggak pakai beli, atau jika ada budget, biasanya saya beli buku bagus yang bisa buat referensi tulisan saya. Untuk ke pameran buku, saya biasanya sudah menyiapkan sekian rupiah agar tidak menyesal begitu event itu berlalu.
 
Pameran buku, tempat yang kusuka. Picture from www.antaranews.com

3.       Menikmati pekerjaan

Perbanyak senyum dengan teman sekantor, lakukan pekerjaan sesuai job kita, dan jangan banyak mencampuri pekerjaan orang lain. Itu kuncinya. Apalagi saya yang sebenarnya termasuk tipe orang yang moody, saat hamil begini menjadikan saya harus ekstra hati-hati saat mengajar. Kasihan kalau mendadak mood saya nggak oke lantas anak didik yang kena dampak muka masam saya. Hehe, alhamdulillah nggak sampai seperti itu.

4.       Banyak menulis

Karena saya suka menulis, di saat hamil akan saya perbanyak menulis. Dengan menulis, masa kehamilan yang sembilan bulan ini kelak akan menjadi sejarah tulisan itu sendiri. Oh, naskah yang dimuat di majalah X saya buat saat hamil anak ketiga. Oh, novel saya yang diadaptasi ke layar lebar itu dulu saya kerjakan pas hamil. Waktu itu saya...bla bla bla. Ehm, berharap sekali novel saya bisa best seller dan dilirik banyak PH seperti Asma Nadia dan Andrea Hirata.
Saya dan buku ketiga. Novel, masih dalam proses :-)

Kalau anda suka memasak, banyak-banyak masak saja untuk suami dan anak-anak tercinta. Itu juga bisa jadi cerita di kemudian hari yang akan terkenang selamanya. Duhai indahnya....

5.       Membuat peta buah hati

Peta ini semacam cita-cita kita terhadap buah hati yang tengah kita kandung. Misalkan memimpikan hal-hal ini untuk anak saya kelak.

 Lahir dengan sehat dan selamat, usia 4 tahun sudah bisa baca Al Qur’an dengan lancar, usia 8 tahun sudah khatam hafal 30 juz, masuk ke SMP Islam idaman dengan mengantongi beasiswa full selama pendidikan berlangsung, hingga beberapa tahun kemudian berhasil kuliah di PT jurusan kedokteran tanpa biaya karena hafalan yang dimiliki. Jika dia laki-laki, akan menikah di usia 28, jika perempuan akan menikah di usia 24. Dst....

Misalkan begitu. Semakin detail peta, semakin mudah pula kita menjalani misi demi misi ke depannya. Coba anda buat!

6.       Perbanyak doa

Berdasar pengalaman, doa membuat saya semakin kuat menjalani hari. Lebih tegar dan bahagia.

Doa laksana obat ajaib yang bisa mengubah ketidakmungkinan menjadi mungkin, mengubah keputusasaan menjadi optimisme yang tinggi, mengubah galau menjadi semangat, mengubah air mata menjadi senyum merekah, mengubah prasangka negatif menjadi positif, dan doa...mengubah jarak hamba dan Tuhan yang jauh menjadi terasa begitu dekat.

Saya memanjatkan doa penuh kebaikan untuk diri dan keluarga. Terutama untuk pasangan dan anak yang sedang saya kandung. Alangkah baiknya kita memilih waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa.

Nikmatilah momen indah ini. Meski dalam perjalanannya terasa lambat dan penuh dengan beban berat, berbahagialah wahai ibu. Engkau adalah perempuan terpilih yang kelak melahirkan calon-calon generasi masa depan pewaris negeri.


COMMENTS

BLOGGER: 12
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Agar Masa Kehamilan Tetap Menyenangkan : tips ala Isnaeni DK
Agar Masa Kehamilan Tetap Menyenangkan : tips ala Isnaeni DK
http://2.bp.blogspot.com/-B9xc1mvmhqQ/VdyD1bf4yWI/AAAAAAAAAkE/n6cJs8NFa-E/s320/hamil.png
http://2.bp.blogspot.com/-B9xc1mvmhqQ/VdyD1bf4yWI/AAAAAAAAAkE/n6cJs8NFa-E/s72-c/hamil.png
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2015/08/agar-masa-kehamilan-tetap-menyenangkan.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2015/08/agar-masa-kehamilan-tetap-menyenangkan.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy