Istri, Sosok Paling Sibuk Menjelang Lebaran

"Hai Orang-orang yang beriman. Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa...


"Hai Orang-orang yang beriman. Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa" (Qs Al Baqarah: 183)

Rasa-rasanya Ramdan eh Ramadhan baru aja menyapa kita beberapa hari lalu. Tapi, tak terasa sekarang hampir sebulan kita bersamanya. Bagaimana rasanya? Bahagia bercampur sedih tentunya ya. Semoga apa yang kita lakukan bernilai amal ibadah yang ikhlas di sisi Allah. Amin.

Selalu semangat dan ceria bersama Nahla


Menurut saudariku semua? Siapa sosok paling sibuk pada hari-hari ini? Apakah seorang suami, istri, atau anak? Ini bukan curhat ya. Tetapi, saya rasa seorang istri lah yang paling sibuk menjelang lebaran. Ya, lebaran yang tinggal 2 hari lagi ini wanita memiliki banyak kesibukan. Ya, wanita. Tepatnya istri, atau ibu rumah tangga. Apa saja sih kesibukannya? Coba cek ya. Apakah anda yang termasuk melakukan ini atau bukan.

1. Memikirkan busana baru.

Olala, benarkah? Baju baru yang dipikirkan itu bukan untuk dirinya sendiri. Meskipun tetap ada keinginan untuk membeli (dengan atau tanpa uangnya sendiri), ia selalu mengutamakan orang-orang terdekatnya. Suami dan anak. Suami mau baju koko yang seperti apa ya? Lagi pengin kemeja atau kaos santai juga nggak ya? Ah, celananya. Masih pantas atau perlu baru nih lebaran ini? Kayaknya emang kudu beli sandal baru juga nih yayangku. And bla bla bla. Detail sekali si istri memikirkan penampilan kekasihnya.

Lalu, anaknya. Mungkin si kakak karena udah SMP, bisa memilih mana yang dia suka. Tapi, belinya dua setel atau cukup satu ya? Jilbabnya kayaknya kudu beli juga. Si adik, pasti minta dua setel nih. Temen-temennya kan udah pada cerita kemarin. Jadi, kalau begini, total untuk nyandang adalah sekian juta sekian ratus ribu. Hmm... 

2. Oleh-oleh untuk keluarga besar, diusahakan ada, meski jumlah tak seberapa.

Masing-masing keluarga biasanya membawa oleh-oleh untuk ayah bundanya di kampung halaman. Yang mungkin pakaian, kue lebaran, parcel buah-buahan, perabot baru atau segepok uang berwarna merah biru. Hehe. Mana yang biasa anda berikan? Yang pasti, yang memikirkan plot ini tentu saja istri, meski ia harus berkonsultasi juga dengan suaminya.

Tetapi, luar biasanya istri itu, dia detail banget sampai ke siapa saja yang akan diberi. Bentuknya apa, jumlahnya berapa, kapan mau ngasihkannya, dan lain sebagainya.


3. Jadwal beberes rumah.

Meski rumah akan ditinggal mudik, rumah harus dalam keadaan beres. Bersih rapi, cucian kotor nggak ada, buku-buku tertata rapi, apa yang mau dipakai menjelang hari kerja juga sudah dipersiapkan. Punya siapa yang harus siap. Tentu saja ia memikirkan untuk seluruh keluarga. Bahkan ada seorang istri yang karena takut lupa, ia mencatat dan membuat check list tentang hal-hal yang harus ia lakukan sebelum mudik. Kalau anda, gimana?

4. Mempersiapkan jamuan

image from www.resepcaramasak.info

Sebelum mudik, ia sudah menyiapkan apa saja yang akan tertata di ruang tamu. Mulai minuman yang akan disuguhkan, kue lebaran, juga makanan berat bagi tamu jauh yang datang bersilaturahim.

5. Mengingatkan suami untuk mengeluarkan zakat.

Ini super penting. Kalau saya pribadi, jauh-jauh sebelum sepuluh hari terakhir, sudah terus mengingatkan suami untuk plot zakat fitrah, zakat mal, juga infaq dan sodaqohnya. Saya juga yakin, istri dimanapun berada, tak ingin suaminya lupa membayar kewajiban.

6. Jadwal silaturahim

Kemana saja akan bersilaturahim, siapa saja yang akan didatangi, seolah sudah terekam rapi di otak istri.

7. Kebutuhan mudik

Yang rutenya lah, biaya mudiknya lah, kendaraan yang mau digunakan, pakaian selama di kampung halaman, PPPK selama perjalanan, dan lain-lain. Wow, masih muat banyak ya otak wanita untuk memikirkan hal kecil yang urgen ini.

8. Kata-kata untuk minta maaf pada pasangan.

Eh, memang si istri memikirkan ya. Oh, iya! Mengapa dia memikirkan kata-kata? Kan tinggal minta maaf saja, mas aku minta maaf atas semua salah ku ya. Hoho, tidak semudah itu. Istri ingin idul fitri selalu istimewa. Dia ingin suaminya merasa dihargai dengan keluarnya kalimat halus nan lembut yang penuh makna untuk saling memaafkan. Kalau anda, apakah anda berkata mengalir saja atau perlu menyiapkan dulu? Bagi dong hehe!

9. Mengejar tilawah biar khatam lebih dari satu kali.

Yang dipikirkan banyak sekali, tetapi dia masih sempat memikirkan ibadahnya, bahkan dengan target yang tinggi. Padahal dia harus mengurus anak-anak, menyiapkan makanan, mencuci, tetapi ia tetap melakukn ibadah mahdhah kepada Rabbnya. Qiyamul lail juga ia usahakan untuk tidak bolong.

Selamat menikmati hari terakhir di bulan Ramadhan ya. Meski sibuk, kita harus tetap semangat mengejar banyak amalan di hari-hari penuh perpisahan ini. Semoga kita dipertemukan lagi dengan syahru Ramadhan.

Salam sayang saya untuk anda sekeluarga.


Isnaeni DK

COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Istri, Sosok Paling Sibuk Menjelang Lebaran
Istri, Sosok Paling Sibuk Menjelang Lebaran
http://3.bp.blogspot.com/-frMWQNxp67c/U9IEVrxHwxI/AAAAAAAAAZ8/dSl9AQQd_nc/s1600/Foto-0150_e1.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-frMWQNxp67c/U9IEVrxHwxI/AAAAAAAAAZ8/dSl9AQQd_nc/s72-c/Foto-0150_e1.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2014/07/istri-sosok-paling-sibuk-menjelang.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2014/07/istri-sosok-paling-sibuk-menjelang.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy