Mantapkan Hati Demi Impian yang Dicari: sebuah tips dari Isnaeni DK

Sudah menjadi kelaziman jika dalam diri seseorang terdapat banyak impian dan harapan. Karena dari impian dan harapan itulah seseorang memili...

Sudah menjadi kelaziman jika dalam diri seseorang terdapat banyak impian dan harapan. Karena dari impian dan harapan itulah seseorang memiliki semangat melakukan usahanya, tidak stagnan apalagi hanya menunggu peruntungan nasib.



Beberapa hari lalu saat saya belum kembali mengajar, ada rasa yang berat yang terus menghantui. Rasa yang membuat saya setiap saat galau jika ia datang. Tepatnya apa, atau mau saya namai apa rasa itu, saya pun tak tahu. Yang jelas, rasa itu membuat saya tarik menarik antara mau mengajar lagi atau tidak. Saya baru selesai dari masa cuti melahirkan. Dua bulan. Tanggal 3 Desember saya melahirkan, dan harus masuk kembali pada tanggal 3 Februari. Tepat pada Senin kemarin saya sudah mulai berangkat.

Pada masa cuti, ada semacam ketakutan sendiri dalam diri saya. Ketakutan tidak memberikan hak untuk anak saya yang baru lahir itu, Amira. Karena sebelumnya, dua anak saya tak pernah saya tinggal berkerja. Ke manapun saya pergi, di situlah saya bersama mereka. Selalu dengan asupan ASI yang semau mereka minta, dan waktu yang sepenuhnya. Tetapi kali ini menjadi beda karena sudah dua tahun berjalan ini saya mengajar pada sebuah SD. Saya harus mempersiapkan asisten rumah tangga yang bisa merawat Amira saat saya mengajar, memompa ASI, dan harus merelakan waktu bersamanya karena harus berpisah setiap hari, meski hanya dalam waktu kurang lebih 8 jam. Ini jelas beda, dan ini adalah pengalaman pertama saya.

Saat rasa itu datang, saya merasa tak siap dan tak percaya dengan realita yang harus saya hadapi. Inginnya membawa Amira saat saya mengajar. Tetapi untuk sekarang jelas tak mungkin. Akhirnya dengan segala kekuatan yang saya punya, saya mantapkan diri untuk terus melaju dalam langkah-langkah yang penuh ibadah ini, insya Allah.

* * *

Sering kali, seseorang yang memiliki impian akan dipertemukan dengan hal-hal yang membuatnya gundah gulana untuk bergerak. Padahal, hal-hal itu justru akan melemahkan semangat. Jika anda punya impian dan sedang berusaha meraihnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi hal-hal yang mengganggu kita dalam berusaha:

1. Mantapkan kembali impian kita

Yuk tengok kembali apa saja yang menjadi impian kita. Ingin jadi penulis terkenal, guru yang profesional dan kharismatik, pengusaha sukses, atau apa saja. Kembalikan kemantapan hati kita yang dulu ada saat pertama kali kita menginginkan impian itu. Masih ingat kan kapan impian itu muncul? Nah, mulailah dari situ.


2. Luangkan waktu untuk kembali berpikir

Saya akhirnya terduduk sendiri saat kegalauan itu muncul. Hingga kemudian datang sebuah pemikiran. "Jika saya hanya berada di rumah, maka yang merasakan kemanfaatan atas ilmu yang saya punya hanyalah suami dan anak-anak. Tetapi jika saya mengajar, insya Allah akan makin banyak yang merasakan manfaatnya."

Hafshah Amira Kaifiy (2 bulan)

Pemikiran itu terus terngiang hingga menjadi salah satu penyemangat saya untuk terus melanjutkan langkah. Kalau sudah ada semangat ini, tentu saja mau tak mau harus ada solusi untuk setiap masalah. Setelah saya mantap untuk kembali mengajar, maka saya harus memikirkan bagaimana caranya agar Amira tetap minum ASI, bukan sufor. Dibelilah breast pump, dan pada masa cuti saya berusaha mencari ART. Sebulan sebelum berangkat mengajar, saya mulai pompa dan menyimpan ASIP di kulkas, sambil saya cobakan kepada Amira. Alhamdulillah, meski susah, akhirnya berhasil juga Amira bisa minum dengan dot. Dan, didapat pula asisten rumah tangga yang tepat. Sudah dari tanggal 1 kemarin, "si embak" sudah menjadi bagian dari keluarga ini.

Pun anda semua, saat impian berhadapan dengan permasalahan, yakinlah selalu ada solusi! Jangan patah semangat, berusahalah mencari solusi itu. Kalau impian makin mantap, sebesar apapun masalahnya pasti jalan keluar akan didapat.

3. Yakinkan diri bahwa kita akan jadi lebih baik

Keyakinan inilah yang juga akan membantu kita menghadapi kendala. Bayangkan pada masanya nanti kesulitan akan hilang, dan kita meraih impian yang kita impikan. Bahagia bukan? Kita sudah lebih baik, demikian pula kondisi yang menemani kita. Kalau berpikir sekarang saat masalah menyapa, mungkin akan membuat kita hanya bersedih dan bertanya kenapa harus ada masalah. Tetapi kalau kita percaya bahwa dengan kendala dan masalah akan membuat kita jauh lebih baik, maka harapan itu makin ada dan membuat kita makin menggelorakan semangat.

4. Sabar, dan tunjukkan aksimu

Bersabarlah, karena ia adalah perisai. Bersabarlah, karena ia mampu menguatkanmu saat berbagai ujian dan cobaan dalam meraih impian datang menyapa. Tetapi, kamu tak perlu bersabar dalam aksi. Langsung saja tunjukkan aksimu bahwa kamu bisa menunjukkan yang terbaik bagi dirimu. Hal-hal yang memberatkanmu untuk melangkah akan hilang dengan sendirinya jika kita terus melangkah.

"Maju mundur semangat kita adalah sebuah kewajaran. Namun, memupuknya dan berusaha bangkit adalah sebuah pilihan yang menjadikan kita semakin dekat dengan impian."


COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Mantapkan Hati Demi Impian yang Dicari: sebuah tips dari Isnaeni DK
Mantapkan Hati Demi Impian yang Dicari: sebuah tips dari Isnaeni DK
http://1.bp.blogspot.com/-Oxu6LLTsbQI/UvFR2sSJNcI/AAAAAAAAAY4/44m6voC61n8/s1600/impian.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-Oxu6LLTsbQI/UvFR2sSJNcI/AAAAAAAAAY4/44m6voC61n8/s72-c/impian.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2014/02/mantapkan-hati-demi-impian-yang-dicari_5.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2014/02/mantapkan-hati-demi-impian-yang-dicari_5.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy