Pengen Sukses One Day One Juz, Ini Kuncinya!

"...dan bacalah Al Quran itu dengan tartil." Qs. Al Muzzammil : 4 Banyak temen masih santer bicarain soal ODOJ. Apa itu?...

"...dan bacalah Al Quran itu dengan tartil."
Qs. Al Muzzammil : 4



Banyak temen masih santer bicarain soal ODOJ. Apa itu? Itu adalah kependekan dari One Day One Juz. Saya sendiri mengartikannya sebagai program membaca al quran sehari --minimal-- satu juz. Jadi kalau sehari mau baca sampe tiga atau lima juz pun lebih baik dengan syarat dan ketentuan berlaku. Hehe. Apa tuh syaratnya? Intinya dalam membaca al quran, tetap memerhatikan ketartilannya. Gimana panjang pendek bacaan sesuai dengan ketukannya, gimana bacaan kita sesuai dengan tajwidnya, dan penting juga kalau kita pinter baca dengan lagu murottal. Wuiih, makin indah aja tuh bacaan kita. So, kalau kita udah pinter gini, mau baca tiga atau lima juz sehari pun nggak masalah. Orang di rumah yang dengerin kita baca quran pun enak menikmatinya. Hey, tapi jangan baca quran kayak orang dikejar binatang buas ya. Barangkali karena ngejar target, nafasnye sampe tersengal-sengal dan bacaannya ngawur. Yang harusnya waqof malah washol, yang harusnya washol malah diwaqofkan. Kalau gitu kan jadi terbalik-balik. Semoga aja kita bukan yang begitu ya.

Program Sehari sejuz ini bagi saya nggak mesti berbentuk komunitas. Kalau ada yang sreg dengan grup atau bikin komunitas ODOJ tentu aja tetep bagus. Keduanya sama-sama memotivasi kita supaya bisa kelar minimal sejuz tiap harinya. Saya yakin, bagi yang udah biasa membaca quran sehari sejuz, dia nggak perlu lagi tuh namanya orang harus tahu dia udah ngaji berapa lembar hari itu. Dia udah nggak butuh lagi yang namanya motivasi dan prestasi bacaan temennya karena motivasi abadi telah terpatri di dalam hatinya. Cie...hehehe. Iya kan? Yup. Insya Allah begitu. Karena dia ngerasa, cukup dia sama Allah aja yang tahu.

Kira-kira masih kesusahan nggak dengan target sehari baca quran minimal sejuz? Yuk intip beberapa kunci di bawah ini. Kalau udah diintip, ambil yang pas lalu dimasukkan ke pintu hatimu ya. Syukur-syukur bisa membuka pintu tersebut dan membantu program ODOJmu.

a.  Buat niatmu lurus nan melekat


     Misalkan sebelumnya kita nggak ada target mau baca quran berapa lembar per harinya, lalu saat ini kita pengen banget bisa khatam quran dalam sebulan, maka minimal sehari harus khatam satu juz. Itu sebuah keinginan yang bagus, yang luar biasa, yang patut diacungi jempol. Dua jempol juga bagus. Ini saya pinjemi punya saya. Hehe.
    Nah, saat sudah ada target tersebut, maka jadikanlah targetan itu sebagai bentuk ibadah kita untuk Rabb kita, Allah Subhanahuwata'ala. Bukan untuk yang lain, juga bukan karena yang lainnya. Apalagi mungkin yang punya pasangan, kita lantas pengen buktikan kesolihahan kita dengan memamerkan target kita itu. "Ini lho mas istrimu punya target baca quran sehari sejuz. Mas harus ikutan dong! Masa' cuman aku aja." atau mungkin saat baca Quran kita sengaja nunggu pasangan ada di rumah biar dia tahu kita ini rajin banget dalam baca quran. Naudzubillahi min dzalik.




    Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya. Jika niatnya karena Allah, maka kebaikan akan menyertainya berlapis-lapis. Jika niatnya karena yang lain, maka yang akan kita dapat hanya tujuan itu saja, dan kebaikan tak akan menyertai.


   Pernah nggak, kita udah niat, tapi masih gagal juga dalam targetan? Kalau pernah, bisa jadi niatnya belum kuat juga belum melekat. Coba deh perbarui lagi niatnya. Kalau udah tertanam betul, insya Allah akan lebih mudah.

b.  Write that on your secret book

    Masih berkelanjutan. Bagi sebagian orang, ada yang merasa perlu bahwa niat dan target yang kita buat itu perlu dituliskan. Di mana? Sesuka hati saja. Tetapi saran saya, tulis saja di buku rahasiamu, semisal buku diary. Ya...atau di buku mana yang hanya kamu saja yang tahu tentang hal itu. Yang sewaktu-waktu kamu membukanya, kamu akan membaca target itu dan terus terngiang-ngiang olehnya.

    Tulisannya gimana? Bisa begini:


    SeBuLaN kHaTam QuR'an??? InsYa AllaH BisAAaaaa!

    atau





    One Day One Juz For You Allah ^^

    atau


    Sudah Baca Berapa Halaman Hari ini? Tengok Yuk!

   atau

   Kamu lebih kreatif dari saya tentunya. Bikin aja kata-kata yang membuatmu tergugah untuk baca quran dan memtotivasi diri kamu.

c.  Nggak harus langsung sehari sejuz

    Kalau sebelumnya sehari hanya baca satu kali aja habis maghrib (hayo siapa, ngacung!) terus bacanya juga cuman satu halaman atau setengah halaman, akan menjadi hal baru bagi yang memiliki target sehari sejuz. Cara yang paling gampang, tentulah dengan mempraktekkan salah satu peribahasa Indonesia. Apa itu? "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit", satu halaman demi satu halaman lama-lama menjadi saju juz. Simpelnya begitu.

  Bisa jadi, hari pertama kita cuman bisa baca seperempat juz (sekitar tiga lembar. tiga lembar lho ya, bukan tiga halaman). Lalu hari kedua kita ternyata bisa setengah juz (sekitar lima lembar) hingga mungkin baru pada hari kelima kita bisa sehari se juz. Tak apa sungguh tak apa. Seenggaknya, ini sebagai langkah nyata kita untuk menuju one day one juz. Nggak asal tulis target, pegang niat, tapi nggak ada eksyen.

d.  Ada partner kalau perlu
   
    Kalau kamu merasa butuh temen untuk menjalankan targetmu itu, carilah teman yang satu visi. Ia sama-sama menjalankan program yang sama. Kita bisa saling kirim sms untuk menyemangati, mengingatkan, juga memuji (yang terakhir ini sekali-kali saja, nanti bisa riya' kalau sering-sering).

e.  Kalau gabung ke komunitas odoj, pandai-pandailah jaga niat

   
   Penting banget nih. Kalau kita mau gabung ke komunitas ODOJ, pelajari dulu secara lengkap gimana mekanismenya. Kalau udah oke, kuatkan niat kita juga lho. Niatnya mau buat apa ikut komunitas itu. Mau buat pamer biar semua orang tahu bacaan quran kita bisa banyak, atau just buat ngejaga bacaan kita agar tetep sehari sejuz. Kalau hanya untuk ngejaga, tentu boleh-boleh saja. Jangan sampai lah ya kita pengen pamer sama orang lain. Apalagi yang mungkin ngikutnya grup di fesbuk atau twitter. Jangan sampelah ada tujuan biar warga seantero dumay tahu seberapa banyak kita khatam dalam sebulan.

f.  Senantiasa perbaiki bacaan quranmu

   Gimana cara mengetahui kalau bacaan quran kita udah bagus atau belum? Lakukan talaqqi. Apa itu? Yaitu, kita membaca al quran di depan seorang guru. Guru tersebut adalah seseorang yang pandai dalam ilmu al quran termasuk tentang kaidah-kaidah membaca al quran. Dari sana, kita akan dikoreksi mana yang kurang dan perlu perbaikan. Bisa jadi saat kita baca quran sendirian, kita merasa bahwa bacaan al quran kita oke-oke alias lancar. Tak tahunya setelah ngaji di depan bu nyai atau pak ustadz masih kacau balau alias belum sesuai dengan kaidahnya.




 Sehari sejuz, bagus. Alangkah lebih bagus kalau bacaannya juga tartil, dan oke pula. Siip.

g. Manajemen waktu kudu oke

  Yang tahu gimana keseharianmu adalah dirimu sendiri. So, kalau kamu udah punya target itu, maka kamu pulalah yang harus mengatur waktu yang berjumlah 24 jam itu. Biar kita juga nggal banyak alasan saat pada hari tertentu nggal bisa sampe sejuz seharinya. 

  Kalau membaca sejuz itu kira-kira membutuhkan waktu 45 menit sampai 1 jam. Akan kamu taruh di mana waktu itu? Misalkan nih kamu lalu membaginya menjadi lima waktu. Setelah selesai shalat wajib, kamu akan baca empat halaman (2 lembar). Dikalikan lima, maka satu juz khatam sehari. Atau dengan jurus-jurus lain yang bisa membantumu mengatur waktu.



Oke? Jangan sombong, banyakin doa. Yuk semangat baca Quran! :)

COMMENTS

BLOGGER: 12
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Pengen Sukses One Day One Juz, Ini Kuncinya!
Pengen Sukses One Day One Juz, Ini Kuncinya!
http://4.bp.blogspot.com/-kdD9Vry6HmQ/UtYQDXE26RI/AAAAAAAAAT0/fxHq6KSOJXM/s320/alquran.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-kdD9Vry6HmQ/UtYQDXE26RI/AAAAAAAAAT0/fxHq6KSOJXM/s72-c/alquran.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2014/01/pengen-sukses-one-day-one-juz-ini.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2014/01/pengen-sukses-one-day-one-juz-ini.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy