Menjalin Komunikasi, Menjalin Cinta

         Bayangkanlah dalam benak kita bersama. Dalam suatu sekolah, hubungan hangat antara orangtua dan pihak sekolah berjalan dengan era...

    

    Bayangkanlah dalam benak kita bersama. Dalam suatu sekolah, hubungan hangat antara orangtua dan pihak sekolah berjalan dengan erat dan komitmen. Erat dalam artian segala sesuatunya tersampaikan dengan baik, tanpa adanya info yang tak diketahui bersama. Baik mengenai prestasi anak-anak, kegiatan sekolah, atau hal-hal lain. Bahkan keeratan ini terjalin hingga hubungan antar personal. Contoh, salah seorang dari wali murid memiliki hajatan. Guru dari sekolah datang ke sana bukan lantaran karena kewajiban, tugas dari sekolah mendelegasikan dirinya untuk mengunjungi acara itu. Akan tetapi kedatangannya itu benar-benar dari hati, atas panggilan jiwa. Hingga yang dirasa kemudian adalah, baik dari pihak sekolah maupun orangtua, memiliki hubungan yang harmonis.


    Komitmen dalam hal ini, kedua belah pihak bersama-sama sepakat untuk bekerja sama membangun sekolah dalam mendidik putera-puteri tercinta. Sekolah memiliki visi misi yang jelas, orangtua mendukung dengan sungguh-sungguh melaksanakan sesuai dengan perannya. Orangtua mempunyai uneg-uneg yang membangun, sekolah apresiatif dan segera memberikan respon. Atau, sekolah punya kebijakan A dengan alasan A, maka orangtua sudah semestinya memberikan penilaian yang teliti. Agar kebijakan itu makin sempurna dan disepakati oleh semua pihak. Juga, jika orangtua menyampaikan kritik pedas sekalipun, maka sekolah sudah semestinya “legowo”, menerimanya sebagai masukan yang membangun, bukan menganggapnya sebagai musuh

    Ayah, bunda, para guru, para pendidik...yang budiman.

    Agar keeratan dan komitmen itu bisa terwujud, diperlukan adanya komunikasi yang baik. Maka, berkomunikasilah dengan cinta. Cinta yang tumbuh antara kedua belah pihak akan memudahkan berjalannya segala sesuatu tanpa harus bertele-tele dengan gaya “resmi.”

    Profesionalitas dalam bekerja, tetap dilakukan oleh guru. Bagaimana mensikapi anak didik dan orangtuanya, harus berusaha optimal dengan tetap menjaga hubungan baik. Guru selalu berikan info sekolah, kalimat motivasi untuk anak, juga teladan yang baik. Dan itu benar-benar dilakukan dari hati sehingga anak merasa nyaman, orangtua pun sama. Sekalipun info sekolah dan kalimat motivsi itu dilakukan melalui sms, orangtua akan meras dihargai. Mereka serasa mendapat perhatian lebih.

    Cinta yang diberikan orangtua kepada sekolah, bukanlah yang sifatnya materi. Dana-dana yang sudah menjadi kewajiban orangtua untuk membayarnya, itu sudah menjadi garis pada umumnya. Akan tetapi, perhatian lebih yang diberikan kepada sekolah, bisa jadi belum semua memahami. Bagaimana sikap dan respon seharusnya saat mendengar gosip tak sedap tentang sekolah, bagaimana mensikapi kegiatan-kegiatan sekolah yang kadang membuat anak terlihat lebih capek lagi lesu, dan lain sebagainya.

    Ada beberapa tips cerdas yang bisa dilakukan pihak sekolah dan orangtua agar komunikasi dengan cinta bisa terwujud:


    Pertama, melakukan meeting one on one. Adakalanya, sesuatu itu tidak dikomunikasikan dalam forum yang resmi. Pihak sekolah, melalui wali kelas, bisa bersilaturahim ke rumah wali murid untuk membiacarakan segala sesuatu tentang anak didik yang diampu. Wali murid membuka pintu hati dan rumah mereka dengan gembira dengan harapan pertemuan itu mampu menjaga hubungan baik dengan sekolah demi kebaikan anak mereka. Atau, orangtua datang ke sekolah dan dan berbicara empat mata dengan kepala sekolah.

    Kedua, partisipasi dalam kegiatan sekolah. Sekolah dan orangtua harus sama-sama memahami bahwa kegiatan bersama itu harus dilakukan. Tujuan diadakannya kegiatan sekolah bukan semata-mata untuk anak saja. Tetapi, kebersamaan buah hati dengan orangtua dan sekolah harus tetap dijaga. Jika sekolah mengadakan family day, alangkah indahnya jika orangtua hadir dan ikut menikmati kegiatan tersebut.

    Ketiga, sekolah menyampaikan informasi yang jelas, orangtua bijak menyikapi. Jangan sampai pesan dari sekolah tidak sampai kepada wali murid yang ada di rumah. Misalkan sudah disampaikan lewat surat, akan lebih baik jika wali kelas mengingatkan info itu melalui sms atau telepon. Orangtua pun sudah semestinya membaca dengan jeli terhadap apa yang disampaikan sekolah. Sekirany ada hal yang kurang, hendaknya segera ditanyakan kepada pihak sekolah.

    Keempat, memahami dengan keikhlasan. Dalam interaksi, kedua pihak adakalanya mengalami ketidakcocokan. Ketidakcocokan dalam persepsi ataupun hal lain harus diselesaikan agar tidak kian melebar permasalahannya. Jika kondisi sudah kembali normal, baik sekolah maupun orangtua harus menumbuhkan rasa ikhlas yang tinggi. Agar, mengungkit-ungkit masalah tersebut di masa yang akan datang tidak terjadi.

    Mari ayah, bunda, guru, pendidik...kita wujudkan komunikasi yang efektif nan penuh cinta. Kita bawa hati kita dalam ragam dunia pendidikan yang kian berwarna ini, demi mendidik buah hati yang kita cintai, menuju generasi rabbani.
***
     
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Menjalin Komunikasi, Menjalin Cinta
Menjalin Komunikasi, Menjalin Cinta
http://4.bp.blogspot.com/-CsTwlMhXVI4/UuDXf07FnvI/AAAAAAAAAVg/_31nA6HopgM/s1600/sekolah.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-CsTwlMhXVI4/UuDXf07FnvI/AAAAAAAAAVg/_31nA6HopgM/s72-c/sekolah.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2014/01/menjalin-komunikasi-menjalin-cinta.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2014/01/menjalin-komunikasi-menjalin-cinta.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy