Mau kirim cerpen dan dongeng ke kompas anak? Ini kriterianya!

Kemarin, untuk kedua kalinya saya mendapat surat cinta dari Kompas. Hmm, karena sudah kedua kalinya, maka nggak deg-degan lagi. Di saat rina...

Kemarin, untuk kedua kalinya saya mendapat surat cinta dari Kompas. Hmm, karena sudah kedua kalinya, maka nggak deg-degan lagi. Di saat rinai hujan masih menjadi teman, saya masih sibuk dengan pekerjaan rumah, pengantar paket datang.

Surat Cinta Dari Kompas


"Isnaeni DK?" tanyanya.
"Ya, saya sendiri."
"Dari Jakarta Mbak, Kompas. Tolong nama terang dan tanda tangannya ya."
Urek urek urek. Kutandatangani, kuterima amplop itu. Benar. Memang dari kompas. Dan isinya masih sama....tara! Pengembalian Artikel. Hiks.

Jadi, ceritanya saya memang sudah sering sekali mengirimkan cerpen ke kompas, khususnya Kompas Anak. Tapi, mungkin belum sepuluh kali. Saya bahkan sampai lupa karena memang saya nggak terbiasa untuk menghitung berapa kali saya kirim ke media. Yang penting saat ada ide saya tulis, edit, kirim, lalu lanjutkan dengan karya yang lain. Saya nggak mau hanya duduk berpangku tangan menunggu telepon dari media sambil galau merenungi nasib tulisan saya. Biarlah ia mendapatkan takdirnya, dan saya terus menulis.

Gaya bahasa masih terlalu dewasa
Cernak yang dikembalikan kompas kepada saya berjudul  Alya, Kamu Pasti Bisa! Penolakan naskah tersebut dikarenakan: gaya bahasa masih terlalu dewasa untuk anak-anak. Jadi, kalau saya boleh menyimpulkan, ide ceritanya sudah bagus, pesan juga oke, hanya pengemasan bahasa yang kurang pas untuk usia anak-anak. Hmm, satu lagi deh saya dapat ilmu.

Lalu, mungkin yang perlu teman-teman tahu tentang isi selanjutnya adalah di dalam surat cinta itu, ada lampirannya. Lampiran apa itu? Ini penting sekali. Lampiran itu berisi tentang kriteria untuk artikel Kompas Anak. Baik hati kan kompas. Udah penyampaian penolakannya lembut, masih diberi cara yang lengkap bagaimana mengirimkan naskah.

Kriteria umum untuk artikel Kompas Anak:

1. Asli, bukan jiplakan/ saduran/ terjemahan, belum pernah dimuat dalam penerbitan lain, dan hanya ditulis/ dikirim untuk Kompas Anak.
Kriteria pengiriman artikel kompas anak

2. Cara penyajian tidak berkepanjangan tapi padat, singkat, mudah ditangkap, gaya bahasa enak dibaca, dan sesuai kaidah ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan.

3. Panjang naskah maksimal tiga halaman kuarto untuk cerpen atau dongeng dan empat halaman kuarto untuk rubrik boleh tahu, semuanya dengan ketikan dua spasi, tulisan diharapkan jelas dan bersih (tanpa coretan).

4. Sering tulisan yang pantas dimuat terpaksa dikembalikan, karena tidak mungkin lagi memuatnya pada waktu yang tepat berhubung terbatasnya ruangan atau benturan dengan tulisan-tulisan lain.

Kirim ke [email protected]

Nah, jadi itulah isi surat cintanya. Dan alhamdulillah, meski surat cinta yang datang selalu berisi penolakan, tak menjadikan saya patah hati lalu patah semangat. Kawan-kawan pemburu media juga jangan sampai menyerah ya kalau nantinya dapat surat samacam ini juga. Saya optimis, pada saatnya nanti, akan saya tulis betapa girangnya karena berhasil menembus kompas. Hehe, amin amin amin.

Semoga bermanfaat ya. Cerpen anak yang pernah ditolak sebelumnya adalah Penggembala Puisi. Untuk cerpen yang ditolak kali ini, akan saya posting kemudian. Selamat menulis! ^^

COMMENTS

BLOGGER: 64
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Mau kirim cerpen dan dongeng ke kompas anak? Ini kriterianya!
Mau kirim cerpen dan dongeng ke kompas anak? Ini kriterianya!
http://4.bp.blogspot.com/-atJHp67yroM/UuhMuNIOk9I/AAAAAAAAAWc/JpIjaD6DK-8/s1600/Photo-0050.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-atJHp67yroM/UuhMuNIOk9I/AAAAAAAAAWc/JpIjaD6DK-8/s72-c/Photo-0050.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2014/01/mau-kirim-cerpen-dan-dongeng-ke-kompas.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2014/01/mau-kirim-cerpen-dan-dongeng-ke-kompas.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy