Ngidam Nggak Ngidam, Makanan Harus Halal Nan Thoyib

Kala itu hari Jumat. Seperti biasa, saya makan siang di sekolah, dengan menu buahnya adalah pepaya. Karena sisa banyak, saya yang masih ha...


Kala itu hari Jumat. Seperti biasa, saya makan siang di sekolah, dengan menu buahnya adalah pepaya. Karena sisa banyak, saya yang masih hamil tiga bulan ini pun nambah dua potong. Saya lihat ada opak pedas oleh-oleh teman-teman guru yang baru dari Jogja. Saya pun ambil rada banyak. Rekan guru tak keberatan alias monggo-monggo saja melihat tingkah saya yang kegirangan merasakan nikmatnya opak bumbu.

Sore hari, selepas mengisi pengajian ibu-ibu, perut saya terasa kosong dan lapar sekali. Langsung saya menuju lesehan sego megono, makan dengan lahap, tak lupa dengan gorengan dan sambal yang saya anggap sangat mantap.

Tetapi, sungguh tak disangka-sangka, bakda isya saat saya hendak merebahkan badan, perut mendadak mules dan malam itu menjadi malam tanpa tidur karena saya ternyata diare.


***
Astaghfirullah, sungguh ini menjadi pengalaman yang memalukan dan membuat saya introspeksi. Berdasar pada legalisasi kondisi hamil muda yang makan selalu pilah-pilih, saya menganggap saat ada nafsu makan yang bagus, maka saat itulah saya harus makan banyak. Padahal sebenarnya saya salah. Saya salah mengartikan kondisi ini, yang seharusnya saya lebih berhati-hati.

Allah membolehkan manusia makan makanan dan minuman apa saja, selagi makanan itu halal. Itu memang benar. Tetapi, tak cukup sampai di situ. Kita pun-apalagi para ibu, wanita- harus tahu bahwa makanan atau minuman yang kita makan pun harus “thoyib” alias baik.
Allah berfirman dalam Qs. Al Maidah ayat 88 yang artinya:
“dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya” 

Salah satu kriteria makanan yang baik adalah termasuk tidak berlebihan. Mau makanan atau minuman itu halal, tetapi jika dimakan dalam jumlah yang berlebihan, maka itu mejadi tidak thoyib. Kita kurang menjaga hawa nafsu sehingga bisa jadi hal-hal yang berlebihan itu mengakibatkan sesuatu yang buruk, misalnya penyakit.

Seperti pada kasus saya, keesokan harinya saya terpaksa harus rawat inap di rumah sakit selama empat hari. Pasalnya, sudah dehidrasi, dan suhu badan meninggi. Bidan sangat mengkhawatirkan kondisi saya dan  janin yang saya kandung. Berawal dari apa? Dari makanan yang saya anggap halal, tetapi tidak saya makan dengan cara yang baik.
Akhirnya itu memberikan pelajaran: dalam kondisi ngidam atau tidak, ada uang atau tak ada uang, ada kesempatan atau tidak, makanan yang dikonsumsi seorang muslim/ muslimah adalah yang halalan thoyyiban. Tak bisa diganggu gugat.


Inilah salah satu wujud perjuangan muslimah. Saat mengandung pada awal-awal bulan, mayoritas mengalami yang namanya morning sickness. Makan ini tak enak, makan itu tak enak. Bau ini ingin mual, bau itu ingin muntah. Makan selalu pilah-pilih sesuai keinginan  hati saja. Pagi-pagi sudah mual-mual sehingga seringkali badan jadi lemas tak bertenaga.

Nah, bagaimana dengan ibu di rumah? Tetap jaga kesehatan ya! Pilih makanan yang halal juga pola makan yang baik ya. Rasulullah tak pernah memakan makanan dengan cara yang berlebihan. Maka sebagai wujud ittiba’ Rasul kita pun harus meneladani beliau. Bukankah sifat berlebih-lebihan itu adalah sifat syaitan? Dan, Innallaha Laa Yuhibbul Musrifiin. Allah tidak mencintai orang yang berlebih-lebihan.

***

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Ngidam Nggak Ngidam, Makanan Harus Halal Nan Thoyib
Ngidam Nggak Ngidam, Makanan Harus Halal Nan Thoyib
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2013/12/ngidam-nggak-ngidam-makanan-harus-halal.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2013/12/ngidam-nggak-ngidam-makanan-harus-halal.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy