Kuatkan Azam Dalam Dakwah

    Menjadi makhluk sosial adalah kodratnya manusia. Pun seorang aktivis dakwah, ia harus, sekali lagi harus, dan sekali lagi harus mengak...



    Menjadi makhluk sosial adalah kodratnya manusia. Pun seorang aktivis dakwah, ia harus, sekali lagi harus, dan sekali lagi harus mengakui fungsi itu. Apa yang dilakukan kita seringkali menjadi pengamatan orang-orang di sekitar. Entah itu yang menurut mereka baik ataupun buruk akan memiliki tempat tersendiri bagi yang peduli. Kita dianggapnya manusia super sibuk yang setiap hari keluar rumah. Bahkan kalau perlu membawa serta seluruh anak-anak, bagi yang sudah memiliki anak.

    Kalau yang terjadi kemudian adalah penilaian baik, tentu kita bersyukur. Itu berarti mereka sepakat dengan yang kita lakukan, dan bisa jadi peluang untuk mengajak mereka melingkar bersama dalam jalan dakwah ini semakin terbuka. Orang umum adalah target dakwah yang juga diharapkan mampu menjadi pelaku-pelaku dakwah di kemudian hari. Mereka mendapatkan hidayah setelah lama kita beramar makruf nahi munkar terhadap mereka, hingga kemudian sama-sama berpegang teguh dalam ajaran Rasulullah.

    Lantas bagaimana jika yang terjadi adalah penilaian buruk? Umpamanya masyarakat sekitar atau orang-orang yang kita seru kebaikan ternyata menolak keras dan menganggap segala aktifitas kita itu sebagai satu momok yang menurut mereka...sesat? Atau sekedar mereka membenci tanpa alasan?

    Begitulah medan dakwah. Jalan ini akan selalu penuh onak dan duri. Sepanjang kita telah menceburkan diri dalam arus medan juang, maka mustahil kita tak akan mendapatkan perlawanan (baca: ujian). Aral yang melintang akan selalu datang untuk menguji seberapa kuat benteng pertahanan yang kita miliki. Apakah iman yang kita miliki semakin tebal, atau malah menipis. Kita akan menang, atau kalah! Itulah pilihan. Jangan ciut saat nyali diuji oleh Allah. Mari bersama-sama tetap istiqomah menjalani lika-liku dakwah! Percayalah pada janji Allah yang akan memberikan kemenangan pada umat Islam.

    Menjadi sebuah kewajaran jika masyarakat umum menjadi penolak apa yang kita ajarkan. Sekarang pertanyaannya, bagaimana jika teman seperjuangan, seranah dalam dakwah lantas mengendurkan semangat kita? Misalkan saja ada saling iri antar dua orang atau lebih, yang kemudian menjadikan salah seorang dicap buruk dalam lingkaran dakwah tersebut? Patutkah itu dilakukan untuk menebar image jelek saudara sendiri? Tentu jawabannya T I D A K! Bagaimana perasaan “korban” jika kemudian ia tahu saudara seimannya melakukan pengecapan buruk terhadap dirinya? Posisikan anda sebagai korban itu. Tentu anda tak mau diperlakukan begitu.

    Sudah seyogyanya kita memahami bahwa al muslimu akhul muslim. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain. Kita harus memperlakukan saudara kita seperti kita memperlakukan diri ini. Kita mencintai Allah, mencintai Rasulullah, sedemikianlah juga kita mencintai saudara kita. Jangan sampai karena pertalian darah yang jauh lantas mengesampingkan apa yang diajarkan Rasul dalam hadits di atas. Apalagi karena alasan iri yang irrasional. Itu jelas tak akan dibenarkan jika sampai menggembar-gemborkan pendapat jeleknya tentang saudaranya sendiri. Ditakutkan jika ada yang melakukan hal itu, yang terjadi adalah ghibah dengan obrolan yang melebar tak tentu arah.

    Penting untuk diperhatikan, adalah pergerakan dakwah ini. Jangan sampai apa yang kita katakan –karena iri dengan saudara kita- tidak membuat kita ingat bahwa sedang berkumpul dalam lingkaran dakwah. Jangan kita pikir kalau kita mengecap buruk saudara kita lantas menjadikan derajat kita naik 360’ di sisi Allah. Padahal, inna akrimakum ‘indallahi athqookum. Bukan orang yang menyingkirkan saudaranya lah yang memiliki derajat tertinggi (mulia) di sisi Allah. Orang yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa di antara kita. Jika perilaku kita terhadap saudara sendiri seperti itu, pantaskah kita menyandang sebagai insan yang bertaqwa?

    Mari saudaraku, dimanapun kita berada! Sebarkanlah kebaikan dan jadilah agen islam sejati. Mulai dari hal yang kecil-kecil dulu. Karena bisa jadi hal yang kecil itu terlupakan oleh kita. Termasuk urusan iri hati. Pintar-pintarlah menjaga hati dan ucapan.

    Bagaimana jika posisi kita sebagai “korban”? Bersabarlah! Anggap saja ini sebagai ujian juga. Ujian dari “usroh” kita sendiri. Kuatkan azam dalam diri kita dan kembalikan pada niat. Mungkin awal-awal kita merasa susah. Kita merasa heran kenapa ada juga saudara sendiri yang menjelek-jelekkan kita di belakang. Padahal mungkin kita merasa tak pernah berbuat begitu.

    Yakinlah dengan firman Allah dalam QS Al Hujurat:11. Jika di belakang kita mereka mengolok-olok, semoga kita lebih baik dari mereka. Dan berdoalah semoga saudara kita itu diberikan jalan terbaik oleh Allah. Ia mendapatkan petunjuk dan menyadari apa yang dilakukannya itu adalah sesuatu yang tak tepat.

    Ingat peran kita dalam dakwah, insya Allah akan memudahkan kita untuk ikhlas jika merasa teraniaya. Hilangkan segala kesedihan dan teruslah bergerak! Allah lah penilai sejati. Biarkan siapapun bebas bicara tentang diri kita, namun ALLAH jauh lebih mengetahui tentang hati-hati kita. Taqorrub ilallah. Mendekat kepada Allah, itulah kuncinya!
***
    

COMMENTS

BLOGGER
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Kuatkan Azam Dalam Dakwah
Kuatkan Azam Dalam Dakwah
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2013/12/kuatkan-azam-dalam-dakwah.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2013/12/kuatkan-azam-dalam-dakwah.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy