Jangan Nilai Orang Dari Luarnya Saja: nuansa wanita

Beberapa hari lalu, teman saya datang ke rumah. Sebut saja namanya Dina. Tujuan utamanya ingin bertemu suami saya yang memang melayan...



Beberapa hari lalu, teman saya datang ke rumah. Sebut saja namanya Dina. Tujuan utamanya ingin bertemu suami saya yang memang melayani penjualan laptop. Sambil menunggu kepulangannya, kami pun hanyut dalam obrolan yang panjang. Hingga kemudian Dina bilang pada saya “Tahu nggak, ada temen kita yang bilang gini sama aku.”
Saya memasang telinga lebih tajam.
“Kasihan ya Isna, suaminya kurus, anaknya kurus. Kok kayaknya nggak bahagia setelah menikah.”
Saya tertegun. Setengah tak percaya kalau ada yang menilai seperti itu tentang saya. Tak urung tawa saya pun lepas. Dina lalu menambahkan.
“Aku bilang gini. Kamu jangan begitu! Emang yang gemuk kayak aku berarti bahagia gitu? Nggak mesti lah. Justru setelah Isna menikah malah dia mendapatkan perlindungan. Kamu nggak tahu gimana kehidupan sebelumnya.”
Tawa saya makin lebar. Dina memang banyak tahu tentang lika-liku hidup yang saya jalani. Dan teman kami yang tak Dina sebutkan namanya itu jelas tak tahu menahu mengenai saya.
Namun pikiran saya lalu tertuju pada ucapan tadi. Ada orang, bahkan saudara saya sendiri yang menilai kehidupan yang saya jalani dari luarnya saja. Padahal tahukah? Saya sangat bahagia dengan apa yang saya rasakan sekarang. Lahir batin saya bersyukur pada Allah SWT. Kalaupun suatu saat, kami merasakan roda kehidupan kami berada di bawah, maka saya tak lantas hanyut dalam kesedihan. Saya sadar hal itu memang ada masanya.
Maha suci Allah yang maha pandai memberikan penilaian terhadap apa yang dilakukan manusia. Dia maha tahu apa niatan yang ada di hati kita sehingga prestasi yang sesuai pun kita dapatkan. Hal buruk dan baik sama-sama ada balasan, seperti yang tertuang dalam Quran Surat Az-Zalzalah ayat tujuh dan delapan. Faman ya’mal mitsqaala dzarratin khiron yaroh. Mawan ya’mal mitsqaala dzarrotin syarroyyaroh.
Sungguh sangat berbeda dengan manusia. Dalam menilai teman, saudara, atau umumnya orang lain kadang mereka belum bisa melihat secara nyata terhadap apa yang terjadi. Menilai kehidupan seseorang hanya dari hal yang tampak saja, seperti yang dikatakan teman saya tadi.

Dalam menilai kehidupan seseorang, harusnya tidak separuh sisi saja lalu dengan mudahnya mengambil kesimpulan. Apalagi jika tujuannya hanya untuk perbincangan tak penting, dikhawatirkan berakibat menjadi ghibah. Alangkah lebih baik jika kita simpan saja kalimat itu. Bukankah setiap orang memiliki zona kehidupannya masing-masing? Pun soal rizki, Allah telah memberi jatah pada masing-masing kita.
Saya tidak marah dengan pernyataan teman saya itu. Hanya saja menjadi satu pemikiran juga yang menurut saya perlu dibagi bersama muslimah lain. Mudah-mudahan teman saya bisa mencerna dengan baik kalimatnya setelah diingatkan oleh Dina.
Dari pengalaman yang saya dapat tadi, kita bisa ambil kesimpulan:

·      Kita harus berhati-hati dalam menilai kehidupan seseorang.
·      Ungkapan “rumput tetangga lebih hijau” bisa dibenarkan. Penampakan senang atau susah di depan mata kita, belum tentu itu yang terjadi dalam kehidupan rumah tangga seseorang.
·      Kita harus lebih banyak bermuhasabaha kepada Allah. Jangan sampai kita merasa paling benar.
·      Allah adalah seadil-adil pemberi penilaian. Apapun takdir yang dijalani, jangan pernah menganggap Allah tak adil. Dia lebih tahu mana yang terbaik bagi hambaNya.
Mudah-mudahan bisa memberikan hikmah, semoga kita dihindarkan dari penilaian yang salah terhadap orang lain.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Jangan Nilai Orang Dari Luarnya Saja: nuansa wanita
Jangan Nilai Orang Dari Luarnya Saja: nuansa wanita
http://2.bp.blogspot.com/-9zuZhEaul1U/UnxSoV05l1I/AAAAAAAAAQw/fQR2XdtIL0M/s320/muslimah.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-9zuZhEaul1U/UnxSoV05l1I/AAAAAAAAAQw/fQR2XdtIL0M/s72-c/muslimah.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2013/11/jangan-nilai-orang-dari-luarnya-saja.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2013/11/jangan-nilai-orang-dari-luarnya-saja.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy