Silaturrahim Oke, Rejeki Oke

Silaturrahim Oke, Rejeki Oke Aku sangat kagum dengan suamiku yang selalu menjaga silaturrahim kepada siapapun. Perkenalkan, namanya...



Silaturrahim Oke, Rejeki Oke

Aku sangat kagum dengan suamiku yang selalu menjaga silaturrahim kepada siapapun. Perkenalkan, namanya Mas Muto. Dia adalah seorang teknisi komputer yang biasa menerima panggilan kesana-kemari dari berbagai klien yang dikenal. Bisa panggilan perbaikan komputer atau laptop di rumah, bisa juga instalasi jaringan di warnet-warnet. Apapun yang bisa dikerjakan olehnya, maka itulah yang mau ia kerjakan. Semangat kerjanya memang tinggi. Dia selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak dan istrinya. Tapi, ternyata dia memang punya tujuan utama selain untuk mencari nafkah. “Dengan mendatangi rumah seseorang, aku niatkan untuk silaturrahim, Mi...” begitu katanya. Dan ternyata memang benar. Dari hobinya itu...ada sebuah proses yang kemudian mengantarkan kami pada kondisi seperti sekarang ini. Punya investor, kenalan dimana-mana, hingga peluang memperoleh rejeki pun semakin terbuka. Simak kisahnya!
Sebelum memiliki warnet, Mas Muto bekerja di sebuah toko HP, pernah juga bekerja di toko komputer. Jam kerjanya dari jam delapan pagi sampai jam delapan malam. Sungguh, kadang aku sebagai istri merasa kasihan kenapa dia harus bekerja selama itu. Yang kukhawatirkan adalah kesehatannya dan bagaimana dia bisa melakukan hal yang lain jika setiap hari sudah full dengan bekerja. Aku berharap sekali kelak dia bisa memiliki pekerjaan yang tak terlalu banyak menyita waktu. Ia bisa melakukan banyak hal termasuk bercengkerama dengan kami yang ada di rumah.
Tapi aku kurang jeli rupanya. Lamat-lamat kuamati hari demi hari...suamiku sangat menikmati pekerjaan itu meski dengan jam kerja yang lama. Di sela-sela waktu kerjanya, dia rajin membuat proposal penawaran kerja sama warnet. Karena sudah tahu ilmunya, maka dia berani membuatnya. Besar harapan jika di kemudian hari ada rekan atau kenalan yang mau meng-acc proposalnya itu. Kuncinya optimis dan tetap jalankan silaturrahim setiap saat. Meski tak menjamin semuanya bisa terwujud, namun dua hal itu selalu melekat di diri suamiku. Sebelum berangkat kerja, atau mungkin pulang kerja saat ada panggilan menyervis komputer, sekalian ia mampir ke rumah teman atau kenalan.

Baginya, silaturrahim itu sudah menjadi bagian dari dirinya yang tak dapat terpisahkan. Bukan mengharap sesuatu yang bersifat duniawi. Tapi ia memang ingin mengamalkan sunah rasul, mencari ridha Allah agar tak menjadi manusia yang suka memutus ikatan silaturrahim.
Suatu hari, sebuah SMS masuk. Seorang kakak kelas yang sudah akrab dengan kami tiba-tiba memberi kabar kalau dia tertarik dengan proposal warnet yang dibuat Mas Muto. Ya, Mas Muto memang sering main ke rumahnya dan ngobrol-ngobrol banyak tentang pembuatan warnet. Saat istrinya melahirkan pun kami datang menengok.
Tak disangka ternyata ia
tertarik dengan penawaran itu. Akhirnya pertemuan selanjutnya pun mereka berdua lebih ke arah yang lebih serius. Dia sepakat akan menjadi investor pada warnet yang dibuat. Mas Muto sebagai teknisi sepenuhnya, dan dia sebagai pemasok modal. Subhanallah, salah satu impian Mas Muto terwujud juga. Punya warnet tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun! Kalau sebelumnya ia tak menjalin tali silaturrahim dengan kawannya itu, tentulah hal tersebut belum terwujud. Tentunya, semua itu atas ijin yang Maha Kuasa...
Maka, saat itu pun kami jadi punya pemasukan tambahan. Selain dari pemasukan gaji bulanan suami di toko komputer, ada pemasukan lain juga. Ini salah satu hikmah dari silaturrahim yang tentu tak kami duga.
Ada lagi. Suatu ketika, Mas Muto membuat sebuah grup di facebook. Namanya Pengusaha Warnet @mbatang. Tujuannya sudah jelas, supaya di kota Batang ini warnet-warnet memiliki sebuah asosiasi atau perkumpulan yang bisa dijadikan sebagai ajang sharing satu sama lain. Nah ceritanya...semakin hari semakin banyak saja yang membuat warnet di kota kecil ini. Sekarang anggota grupnya sudah sampai 59 anggota.
Mas Muto merasa grup itu kurang efektif kalau sharing hanya lewat online saja. Akan lebih baik kalau kemudian diadakan kopdar.  Jadilah pertemuan pertama para pengusaha warnet berkumpul di salah satu warnet yang dirasa paling luas tempatnya. Mas Muto memimpin jalannya kopdar hingga dari satu warnet ke warnet lainnya pun saling mengenal. Dan pada waktu berikutnya, ia pun menyarankan agar pertemuan seperti itu bisa diadakan secara rutin. Waktunya bisa fleksibel mengingat rata-rata pengusaha warnet punya pekerjaan inti selain mengurus warnetnya.
Tahukah apa yang terjadi selajutnya?
Karena semakin banyak yang mengenal Mas Muto, semakin banyak pula yang menggunkan jasanya. Ia dipanggil dari satu warnet ke warnet lain sampai-sampai banyak orang yang mengatakan “Ke warnet Roban, ketemu Mas Muto. Ke warnet 88, ketemu Mas Muto lagi. Ini di warnet Queen juga ada mas Muto...”
Dan, pada suatu ketika datanglah sosok bernama Mas Arif. Dia adalah pemilik warnet 88. Karena mungkin melihat kapabilitas Mas Muto yang maksimal dalam bekerja, kecerdasannya dalam berpikir...hingga kemudian Mas Muto diajak untuk membantu instalasi komputer dan internet di beberapa sekolah di kabupaten Batang. Bukan main senangnya kami saat itu. Meski dengan alat transportasi yang masih dipinjami oleh teman, suamiku sangat semangat menjalaninya. Siang sampai malam hari harus bolak-balik dari kota Batang menuju sekolah-sekolah yang letaknya di desa- desa.
“Hati-hati, Abi. Kesehatan Abi lebih penting dari ini semua...” ujarku saat itu.
“Iya, Mi. Aku tahu. Doakan saja ya. Bukankah dengan pekerjaan baru kita jadi punya banyak kenalan baru?” jawabnya sambil melontar senyum.
Lihatlah! Betapa semangatnya ia dengan misi bersilaturrahim.
Tak diduga-duga, dari proyek yang dijalankan itu, Mas Muto bisa dapat penghasilan tambahan lebih dari tiga juta dalam waktu kurang dari satu bulan! Satu nominal yang sangat tinggi bagi kami karena gaji rutin suami pun masih dalam hitungan ratusan ribu. Satu hal yang sangat harus kami syukuri.
Inilah jalan yang Allah tunjukkan. Lewat kopdar yang kemudian mempertemukan Mas Muto dengan Mas Arif, lalu saling komunikasi lewat ponsel, saling menyapa dalam grup, hingga akhirnya saling membuka peluang rejeki. Mas Arif terbantu dengan jasa yang diberikan Mas Muto. Dan kami pun mendapatkan penghasilan yang sangat lebih dari biasanya. Sungguh tak bisa dimungkiri, silaturrahim itu memang membuka pintu rejeki.
Itu terjadi setahun lalu hingga kemudian Allah mengijinkan kami memiliki motor sendiri walau statusnya masih kredit. Kami juga bisa membayar kontrak rumah. Keluarga muda seperti kami sangat merasa bersyukur sekali memperoleh rejeki sebanyak itu. Kebutuhan-kebutuhan yang belum dimiliki sedikit demi sedikit bisa hadir di tengah-tengah kami. Subhanallah...indahnya bersilaturrahim. Di dalamnya seringkali terjadi keajaiban yang tak diduga arah datangnya.
Bahkan dari kopdar kala itu, Mas Muto mendapat satu investor lagi yang tertarik juga untuk membuka warnet. Jadilah suamiku itu memiliki dua buah warnet yang bisa dikatakan hanya bermodal “dengkul”.
Mudah-mudahan kita termasuk orang yang gemar menjaga tali silaturrahim kepada siapapun. Kepada keluarga sendiri, tentangga, dan orang-orang yang kita kenal. Hal tersebut sepertinya sepele, namun sesungguhnya banyak yang yang bisa diperoleh dari silaturrahim. Pengalaman, tukar pikiran, kawan baru, juga...melimpahkan rejeki. Percayalah!
-----

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Silaturrahim Oke, Rejeki Oke
Silaturrahim Oke, Rejeki Oke
http://4.bp.blogspot.com/-5-O6HG7cbgM/UhSYlzgO1QI/AAAAAAAAAQE/RpTs0xjVAis/s320/Uang-tunai-rupiah.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-5-O6HG7cbgM/UhSYlzgO1QI/AAAAAAAAAQE/RpTs0xjVAis/s72-c/Uang-tunai-rupiah.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2013/08/silaturrahim-oke-rejeki-oke.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2013/08/silaturrahim-oke-rejeki-oke.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy