7 Cara Menjaga Semangat Hafalan

Betapa nikmatnya bisa menghafal al quran. Betapa menyenangkannya bisa bermesraan dengan kalam Allah sambil menyendiri tanpa diganggu siapapu...

Betapa nikmatnya bisa menghafal al quran. Betapa menyenangkannya bisa bermesraan dengan kalam Allah sambil menyendiri tanpa diganggu siapapun. Bibir melafalkannya, hati memaknai arti yang terkandung, dan jiwa terus menggebu untuk bisa melakukan apa yang menjadi perintah, dan menjauhi apa yang menjadi larangan. Mencerna setiap kisah, dan meresapi setiap ilmu pengetahuan yang ada di dalam al quran.

Menghafal al quran, bukan hanya aktifitas fisik. Menurut saya, aktifitas menghafal al quran itu adalah perpaduan fisik dan jiwa. Ruh dan jasad. Terlihat dan tak terlihat.

Hafalan al quran saya masih sedikit. Belum apa-apa jika saya menyebutkan berapa jumlah juz yang sudah dihafal. Yang saya tahu, saya harus tetap semangat menghafal tanpa putus asa mengejar target yang telah dibuat. Teman-teman pastinya senang juga kan ya kalau semangat hafalan tetap terjaga sehingga rutinitas hafalan menggapai kualitas yang memadai.


Ada beberapa yang harus kita perhatikan agar semangat menghafal kita tetap terjaga (berdasar pengalaman pribadi) :

1. Tuliskan target hafal al quran

Misalkan kita ingin hafal al quran selama lima tahun, empat tahun, atau berapa tahun sesuai target kita, maka diusahakan jangan hanya berangan-angan saja. Tuliskan, dan tempatkan di tempat kita bisa melihatnya setiap hari. Tulisan itu akan selalu membekas di dalam mata dan hati kita. Buat diri kita merasa malu jika tidak hafalan karena tiap hari membaca tulisan itu.

Contoh tulisan target :

MISI BESARKU : HAFAL AL QURAN LIMA TAHUN MULAI DARI SEKARANG! TAHUN 2018 HARUS SUDAH HAFAL!!! 


2. Membuat jadwal menghafal

Karena sudah punya target, maka harus ada usaha nyata untuk menghafal. Misalkan lima tahun kita target hafal.
jumlah ayat = 6666 ayat
lima tahun =365 hari X 5 =1825 hari
maka hafalan per harinya minimal = 6666 ayat : 1825 = 3,65= 4 ayat

Nah, jika target lima tahun hafal, maka minimal per hari harus hafal 4 ayat. Per minggu minimal 28 ayat.

untuk jadwalnya, kita bisa pilih, misalkan sebelum subuh selama satu jam, atau sehabis shalat maghrib selama setengah jam...tergantung waktu kita...yang penting kita mengalokasikannya setiap hari.



3. Bergabung pada komunitas tahfidzul quran

Bergabung dengan komunitas tahfidz sangat diperlukan lho. Tak harus yang formal. Contoh kecil saja kita bisa mengajak teman-teman kita yang punya visi sama untuk membuat lingkaran tahfidz lalu mengundang seorang hafidz atau hafidzoh sebagai pembimbingnya.

Ini dilakukan sebagai wadah setoran hafalan kita, agar tetap terjaga. Dan, dengan berkumpul dengan orang yang memiliki semangat menghafal al quran, insya Allah ini menjaga semangat kita dalam menghafal. Malu juga kan ya kalau teman-teman kita sekomunitas nambah hafalan tapi kita tidak?

4. Sering-sering membaca al quran

Kalau kita senang menghafal, jangan lupa untuk senang membaca al quran juga. Saat membaca al quran, kita langsung mendapatkan ruh dari Allah sehingga apa yang kita baca pun merasuk ke dalam jiwa kita.

5. Tidak banyak bergurau yang tidak penting

6. Murojaah (mengulang-ulang hafalan yang sudah dimiliki)

7. Banyak berdoa



Mudah-mudahan Allah memberkahi setiap langkah kita dalam menghafal al quran. Mudah-mudahan Allah menjadikan kita bagian dari keluarga-Nya.

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: 7 Cara Menjaga Semangat Hafalan
7 Cara Menjaga Semangat Hafalan
http://4.bp.blogspot.com/-SuBFxxoxPmM/UUlLgthkUII/AAAAAAAAAMg/4LXpL5SHpss/s1600/al+quran.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-SuBFxxoxPmM/UUlLgthkUII/AAAAAAAAAMg/4LXpL5SHpss/s72-c/al+quran.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2013/03/7-cara-menjaga-semangat-hafalan.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2013/03/7-cara-menjaga-semangat-hafalan.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy