Menulis kapan saja dan dimana saja

Anda suka menulis? Bagus itu. Menulis apa? Apa saja! Hmm, itu juga bagus. Berarti anda sudah punya kegemaran untuk menuangkan sesuatu...




Anda suka menulis? Bagus itu. Menulis apa? Apa saja! Hmm, itu juga bagus. Berarti anda sudah punya kegemaran untuk menuangkan sesuatu. Hari ini saya masih ingin menulis tentang “menulis”. Yang akan saya soroti, yaitu…tentang kapan dan di mana kita menulis. Nggak bisa dimungkiri juga, yang namanya penulis kadangkala kesulitan kapan harus menulis, dan di mana…padahal ia juga punya pekerjaan yang lain. Yang jadi ibu rumah tangga, yang jadi guru, karyawan, atau tukang bakso sekalipun.

Menulis itu sejatinya harus diluangkan. Kita harus punya komitmen yang jelas, dan target yang jelas pula setiap harinya. Berapa paragraph setiap harinya, atau di waktu kapan kita akan duduk manis di depan laptop. Tetapi, itu adalah waktu rutin. Dan di luar waktu rutin kita, kita juga harus punya niat yang tinggi untuk menulis. Sehingga kapan dan di manapun kita bekerja, aktifitas menulis tetap menyanangkan.

Misalkan, anda yang bekerja sebagai guru. Anda di sekolah sampai pukul 13.00. Sampai di rumah waktu anda gunakan untuk mengerjakan urusan rumah tangga hingga pukul 18.00. Selanjutnya anda sibuk dengan suami dan anak-anak sehingga tibalah waktu istirahat anda pada pukul 22.00. hmm…sepertinya sudah capek lah ya? Seharian beraktifitas…dan sekarang harus menulis? Hmm..misalkan anda mengalokasikan waktu menulis nanti pada pukul 01.00 dini hari sampai 03.00. Dua jam saya rasa cukup untuk sebuah rutinitas. Nah, agar lebih produktif, kita pun perlu menambah jam menulis di waktu lain. Kapan itu?



Yaitu pada waktu selang kita…saat bekerja. Adakalanya, di saat kita bekerja, kita menemukan waktu-waktu luang. Yang seringkali membuat kita bosan karena tidak tahu harus berbuat apa untuk mengisi waktu tersebut. Ngobrol dengan rekan kerja, bosan. Mau ngerumpi, takut menambah dosa. Mau makan-makan, jam makan sudah ada sendiri. Nah, pas pada waktu inilah kita bisa menulis. Menulis, entah langsung diketik atau hanya sekedar membuat draf.

Sekedar berbagi ya, kawan. Di sekolah, saya mempunyai jam istirahat lama yaitu pada jam makan siang. Yaitu pada pukul 12.00-13.00. satu jam ini digunakan untuk, istirahat, makan, dan sholat. Bagi saya waktu segitu cukup, dan ada waktu untuk menulis. Apalagi jika masih menstruasi, saya bisa punya waktu lebih banyak untuk menuangkan pikiran. Seperti pada saat ini. Saya sudah makan, saya sudah berkumpul dengan rekan dekat di sekolah ini. Begitu mereka tengah shalat berjamaah, saya bisa menulis uneg-uneg ini. Karena didukung dengan fasilitas internet, jadi saya bisa langsung postingkan hal ini.

Pada hari-hari lain, saya pun mencoba menulis pada waktu istirahat. Kalau tidak membaca, ya menulis. Entah menulis untuk event lomba, atau membuat naskah sendiri seperti cerpen, cernak, atau tulisan-tulisan lain. Inti dari membaca pun luas. Tak melulu membaca buku, tetapi membaca situasi juga. Misalkan saya mengamati bagaimana kondisi dan perkembangan sekolah ini. Bagaimana sopan santun anak-anak di sekolah terhadap gurunya, dan lain-lain.

Lalu, kalau kita sangat sibuk…kapan ada waktu luang? Jawabannya simple saja. Kapan saja. Kapanpun anda waktu luang, anda bisa ambil beberapa untuk menulis…selain pada waktu lain anda juga melakukan aktifitas lain seperti hiburan atau apa saja. Bagaimanapun, kalau kita menulis terus ya bisa jadi kita bosan juga. Pandai-pandai menata waktu saja agar aktifitas menulis kita tetap menyenangkan!


Oke, kawan! Semangat menulis…KAPAN SAJA…DI MANA SAJA!


Salam


Isnaeni DK

COMMENTS

BLOGGER: 7
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Menulis kapan saja dan dimana saja
Menulis kapan saja dan dimana saja
http://3.bp.blogspot.com/-MBZbXneAcaE/UQYPrIsARHI/AAAAAAAAAKo/sI_9hFbCMb8/s200/senyum.jpeg
http://3.bp.blogspot.com/-MBZbXneAcaE/UQYPrIsARHI/AAAAAAAAAKo/sI_9hFbCMb8/s72-c/senyum.jpeg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2013/01/menulis-kapan-saja-dan-dimana-saja.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2013/01/menulis-kapan-saja-dan-dimana-saja.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy