Cara Cerdas Membuat Cerpen Anak

Cerpen anak tentulah berbeda dengan cerpen remaja atau cerpen dewasa. Selain sasaran pembacanya adalah untuk anak-anak , cernak memiliki pan...

Cerpen anak tentulah berbeda dengan cerpen remaja atau cerpen dewasa. Selain sasaran pembacanya adalah untuk anak-anak, cernak memiliki panjang naskah yang lebih pendek. Jika di dalam sayembara atau lomba cerpen biasa disyaratkan minimal 5-12 halaman kuarto dengan TNR dan spasi 1,5...maka dalam cerpen anak biasanya antara 2-4 halaman saja.
Kemudian, cernak harus bertemakan dunia anak. Bisa tentang persahabatan, sekolah, orangtua, hobi, atau apa saja yang masih berkaitan dengan anak-anak. Rasanya tak pas jika kita mencantumkan hal-hal yang berbau sex atau pacaran dalam cernak. Ini sudah keluar batas menurut saya. Kecuali jika hanya tentang percakapan yang dilakukan oleh orang dewasa seperti ini misalnya:


"Rudi, orang dewasa itu boleh pacaran. Tapi nanti setelah menikah. Jadi, karena Rudi masih kecil, tidak begitu dulu ya. Pada masanya nanti kamu akan mengalaminya. Tapi tidak sekarang."

kalau yang begitu insya Allah nggak masalah.

Jadi, bagaimana cara membuat cerpen anak?
1.Tentukan tema
Pilihlah tema yang ada di sekitar anak-anak. Jika naskah anda ingin dikirimkan ke majalah anak, akan lebih baik jika anda menilik tema-tema apa saja yang berpeluang dimuat. Kalah hanya untuk bacan pribadi atau untuk anak-anak sendiri atau mungkin siswa di sekolah, pilih tema yang sesuai. Anak-anak biasanya suka juga tema petualangan.

2.Tentukan pesan yang akan disampaikan 
Membuat cernak, jangan hanya untuk senang-senang dan kebanggaan kita bisa membuat cernak. Sampaikanlah pesan melalui cerpen tersebut. Karena, banyak anak-anak yang tidak mempan dinasehati dengan mulut. Membaca cerita menjadi salah satu cara menyampaikan nasehat.
nasehatnya bermacam-macam. Seperti larangan berbohong, anjuran berbakti pada ibu bapak, anjuran membantu teman yang kesusahan, tidak boleh curang dalam perlombaan, tidak boleh sombong, dll.

3.Tentukan alur yang menarik minat baca anak-anak
Dari awal, pilihlah alur cerita yang menarik. Bagaimana persoalan bermula, hingga pemecahan masalah dilakukan. Anak-anak akan menikmati dan tak akan jenuh membacanya. Jangan sampai kita memikirkan alur awal saja karena nantinya akan membuat kita buntu saat menuliskannya. Alih-alih menyelesaikan cerpen, malah hanya mengendap di komputer kita karena kehilangan ide. Makanya, buat alur keseluruhan dulu.

4.Tentukan judulnya
Jika sudah menemukan alur, maka buatlah judul yang menarik. Membuat anak penasaran, sehingga kira-kira dari membaca judulnya saja dia sudah ingin membaca keseluruhan isi cerpen. Misalkan :

Ketika Meyda Kembali
Gara-gara Tom
Sepatu Istimewa
Jangan Dekati Amy!

 5. Pilihlah percakapan yang sesuai dengan bahasa anak-anak. Jika tidak pakai percakapan juga tak apa. Asalkan tetap menarik.

6.Mulai menuliskan cerita
Tak akan jadi cerita jika anda tak mau menuliskan. So, menulislah sekarang juga. Jangan tunggu nanti. Semakin anda banyak menulis, semakin anda bermanfaat. Apalagi untuk anda yang tak begitu suka untuk berbicara di hadapan anak-anak. Maka, menulislah!


Salam, Isnaeni DK.

COMMENTS

BLOGGER: 16
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Cara Cerdas Membuat Cerpen Anak
Cara Cerdas Membuat Cerpen Anak
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2012/12/cara-cerdas-membuat-cerpen-anak.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2012/12/cara-cerdas-membuat-cerpen-anak.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy