Kisah Motivasi Anak Sekolah

Pagi itu, seorang guru perempuan memasuki kelasnya dengan penuh senyum. Seperti biasa, ia selalu menyapa murid-muridnya dengan sapaan yang l...

Pagi itu, seorang guru perempuan memasuki kelasnya dengan penuh senyum. Seperti biasa, ia selalu menyapa murid-muridnya dengan sapaan yang luar biasa hebohnya. Muridnya yang kelas 1 SD itu pun antusias menjawab setiap kalimat pertanyaan yang keluar dari mulut guru mereka yang santun.
"Apa kabar anak-anakku semua hari ini?" sapa sang guru.
"Alhamdulillah, luar biasa, Allahu akbar. yes yes yes!"
Kegembiraan pun kian meluap dan memacu semangat sang pelajar.
"Nak, coba dengarkan. Hari ini bu guru mau berbagi cerita dengan kalian. Kalian bisa mendengarkan?"
"Bisa, Bu..."
Sang guru pun mulai bercerita.
Suatu ketika, ada anak kelas satu SD bernama Yayan. Dia gembira sekali siang itu.
Dia melihat keempat hasil ulangannya yang ternyata nilainya 100 semua! Dia gembiraaaa...sekali. Yayan senyum-senyum sendiri. Dalam hatinya, ia bertekad akan memberikan hasil ulangan itu kepada ibunya nanti di rumah.
"Tentu ibu akan sangat senang melihat nilai ulanganku." batinnya.
Tahu tidak, Nak? Usai pulang sekolah, Yayan langsung pulang menuju rumahnya. Seperti biasa, ia akan melewati rel kereta api menuju rumahnya.
Namun apa yang terjadi kemudian? Dia melihat banyak orang berkerumun di tengah rel itu. Mereka tengah sibuk mengerumuni seorang wanita yang ternyata baru saja tertabrak kereta api.
Yayan sangat penasaran. Dia pun ikut berkerumun. Dan ternyata, wanita yang tertabrak itu adalah seorang tukang jamu gendong. Betapa sedihnya Yayan begitu tahu bahwa tukang jamu itu tak lain ibunya sendiri.
Dia menangis sejadinya karena tak bisa membendung kesedihan. Tiba-tiba saja, ia berucap dalam hati.
"Aku sangat mencintai ibu. Aku berjanji, sampai kapanpun aku akan belajar dengan tekun agar menjadi anak pintar dan baik. Ibu sudah membiayai sekolahku dengan susah payah, maka aku akan berusaha menjadi anak baik sampai kapanpun juga."
Yayan membuka kembali hasil ulangannya lalu memperlihatkan kepada ibunya yang sudah meninggal.

Sang guru lalu berkata lagi.
"Nah, inti dari cerita itu apa, Nak?"
Anak-anak tak ada yang menjawab.
"Inti dari cerita ini adalah kita harus belajar dengan tekun sampai kapanpun. KIta tak boleh menyianyiakan masa belajar kita. Karena apa? Karena orang tua kita sudah susah-payah menyekolahkan kita..."
Sang guru menarap semua murid-muridnya dengan tatapan yang lembut namun tegas.
"Nak, kalau kita sekolah tapi masih rewel, oke tidak?" tanyanya.
"Tidaaaaak!"
"Nah, janganlah anak-anak menjadi anak yang tidak baik. Orang tua kalian semua tentu mengharapkan kalian menjadi anak yang soleh. Jadi jangan sia-siakan ya kasih sayang yang mereka berikan!"
"Yaaaa!"
"Diantara orang tua kalian semua, pasti tidak ada yang mengharapkan kalian menjadi anak yang nakal, kan?"
Hampir semua siswa menggelengkan kepala.

----


Kala itu aku membersamai sang guru. Entah kenapa tiba-tiba hatiku sangat tersentuh dengan kisah sederhana itu.
Aku tahu. Guru itu ingin memotivasi murid-muridnya agar selalu belajar dengan baik, menghargai jerih payah orang tua, dan selalu menyayangi mereka. Dia sama sekali tak ingin menyinggung siapapun atau ingin membuka sejarah siapapun yang telah lalu.
Namun, sejarah hidupku tiba-tiba kembali terbuka. Sejarah beberapa tahun silam yang menurutku kini masih memberi teka-teki.

----


COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Kisah Motivasi Anak Sekolah
Kisah Motivasi Anak Sekolah
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2012/09/kisah-motivasi-anak-sekolah.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2012/09/kisah-motivasi-anak-sekolah.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy