7 Tips Bangkit Dari Keterpurukan

Siapapun, pasti pernah merasakan jatuh. Pernah merasakan pahit getirnya hidup yang membawa dirinya kepada satu proses kehidupan yang lebih m...

Siapapun, pasti pernah merasakan jatuh. Pernah merasakan pahit getirnya hidup yang membawa dirinya kepada satu proses kehidupan yang lebih matang. Contoh kecil saja : misalkan kita harus menderita sakit, gagal mengikuti sebuah kompetisi, atau mungkin hanya sekedar mendapat perlakuan yang tidak baik dari rekan kerja. Semua itu adalah hal-hal yang harusnya membuat kita menjadi pribadi yang makin dewasa.
Saat mengalaminya, hati menjadi lemah. Pikiran menjadi kacau dan seolah keberuntungan di dunia ini tak berpihak pada kita. Dunia seakan tidak adil karena kita ditimpa banyak ketidakberuntungan.
Ada tujuh tips supaya kita bisa bangkit dari keterpurukan itu. Kita tak mungkin lantas membiarkan diri kita selamanya dalam keadaan down dan tak mau berjuang sedikitpun menuju jalan yang lebih terang.
  1. Luangkan waktu untuk mencerna kembali apa yang sedang terjadi. Buka pikiran kita dengan menelaah secara jernih kejadian yang menimpa kita sehingga membuat kita sedih, berduka, dan terpuruk.
  2. Berusahalah untuk jujur. Maksudnya, jika apa yang menimpa kita itu adalah salah kita sendiri, maka jangan sungkan untuk mengakuinya. Akui itu dan catatlah sebagai poin penting supaya di kemudian hari jangan sampai kita mengulanginya.
    Jujur pulalah dalam menilai seseorang dalam masalah kita. Karena jika kemudian kita tak jujur, maka hanya akan menambah kepelikan masalah, tidak membantu kita mengubahnya menjadi satu solusi.
  3. Buatlah coretan-coretan atau tulisan mengenai keluh kesah kita. Curhat dengan tulisan itu sangat membantu meringankan beban. Emosi tersalurkan lewat tulisan, tanpa harus marah-marah atau menyalahkan orang lain secara langsung. Di sisi lain, curhat lewat tulisan bisa mengasah kemampuan menulis kita. Siapa tahu dari curhatan-curhatan kita saat punya masalah menjadikan kita penulis terkenal di masa mendatang?
  4. Meminta pendapat dari seseorang yang berilmu. Kita boleh lah curhat dengan orang lain. Kita adukan apa masalah kita, apa yang menjadi kesulitan kita...tapi ingatlah...usahakan semua itu ada manfaatnya. Mintalah saran kepadanya untuk masalah kita. Akan sangat tepat jika kita melakukan "konsultasi" kepada orang yang berilmu. Karena insya Allah, dengan sharing kepadanya kita akan mendapat banyak masukan.
  5. Selesaikan masalah. Jika masalahnya antara kita dan diri kita saja, maka selesaikan saat itu juga. Hilangkah kegalauan dan hal-hal yang tak penting. Niatkan untuk bangkit dan jangan bermalas-malasan.
    Kalau masalahnya berhubungan dengan orang lain, tentu kita harus menyelesaikannya juga. Selesaikan dengan menemuinya dengan itikad yang baik. Atau bisa kita minta seseorang mendampingi agar proses penyelesaian masalah bisa berjalan dengan "tenang".
  6. Buka mata hati. Jalan hidup kita masih panjang. Masih banyak yang bisa kita lakukan selain bersedih-sedih dan menangisi keterpurukan. Bukalah mata hati kita. Iringilah dengan rasa sabar dan syukur.
  7. Mendekatlah kepada Allah SWT. Allah adalah tempat meminta, dan Allah adalah satu-satunya tempat meminta pertolongan. Iringi kebangkitan diri kita dengan lebih mendekat kepada Allah SWT. Hiasi hari-hari kita dengan pedoman al quran, dan selaraskan semuanya dengan berdasar kepadaNya.
Itu ya! Jangan patah semangat, saudaraku. Kita hidup di dunia ini tak sendiri. Kegagalan itu hal yang biasa terjadi, dan itu kita butuhkan untuk membuka pengetahuan bahwa sebuah proses menuju kesuksesan itu membutuhkan pengorbanan. Percayalah! Suatu saat kan kita gapai cita-cita dan berada pada kehidupan seperti yang kita inginkan. Yang perlu diingat : Kita hidup tidak untuk bersedih hati, namun kita hidup untuk mencari bekal menuju kehidupan abadi.

So, kalau kita gagal setelah berusaha...katakan AKU BISA BANGKIT!

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: 7 Tips Bangkit Dari Keterpurukan
7 Tips Bangkit Dari Keterpurukan
http://1.bp.blogspot.com/-FeJk_kC3TFs/UFABFKZfRpI/AAAAAAAAAIM/VdgC6_goUzI/s320/bangkit.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-FeJk_kC3TFs/UFABFKZfRpI/AAAAAAAAAIM/VdgC6_goUzI/s72-c/bangkit.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2012/09/7-tips-bangkit-dari-keterpurukan.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2012/09/7-tips-bangkit-dari-keterpurukan.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy