Sering Curhat Antar Penulis

Hmm...punya blog kok melompong gini ya. Kayaknya nggak asyik kalau nggak pernah posting. Ngaku punya blog tapi ternyata garing ring ring ...

Hmm...punya blog kok melompong gini ya. Kayaknya nggak asyik kalau nggak pernah posting. Ngaku punya blog tapi ternyata garing ring ring nggak pernah ditumbuh suburkan. Apalagi buat yang ngaku penulis. Wuiiiih...lucu banget kayaknya ya misal nggak pernah setor tulisan di blognya. Hehehe, tersindir ini. Sok banyak alasan jadi enjoy aja nggak nulis di blog. Banyak lomba lah. banyak kegiatan lah, sibuk urusan keluarga lah...ya...itu lah...dan lah lah yang lainnya.

Oke, kali ini saya mau sedikit cerita tentang...hmm...curhat antar penulis. Atau tepatnya...sharing lah ya.

Kita nggak akan biarkan diri kita jadi orang yang sombong kan? Membiarkan diri menjadi orang yang merasa benar sendiri bukanlah cerminan orang timur. Bukanlah cerminan pribadi yang disukai Allah. Kalau kita pengen kemampuan menulis kita kian maju nan melejit, ada baiknya kita sering melakukan hal ini : sharing, bertukar pendapat dan bertukar cerita.

Banyak yang bisa dibahas. Mungkin saja, dengan sesama penulis kita bisa bahas bagaimana cara efektif supaya bisa dapat ide cemerlang sebagai bahan tulisan. Bisa juga kita saling kasih cerita bagaimana pengalaman menang kalah kita ikutan audisi dan kompetisi di sana-sini. Bahkan, barangkali kita ingin tahu motivasi penulis lain sehingga memutuskan untuk jadi penulis itu kenapa pun sah sah saja. Nggak dilarang kok.
Hal ini akan menjadi sesuatu yang menguntungkan kita bersama. Temen kita dapet ilmu, kita pun juga. Misalnya nih :
Suatu ketika saya males banget buat nulis. Ada banyak ide dan lomba yang menggiurkan tapi bawaan males itu susaaaah banget buat diusir. Saya coba cari info bagaimana cara menghilangkannya melalui situs di internet malah yang terjadi tak mendinginkan pikiran. Saya kian males, males, n males. Udah nampang di depan laptop tapi nggak melakukan sesuatu. Mungkin saja saya hanya klik sana klik sini di jejaring sosial saja atau bahkan bengong melompong.
Nah, di saat seperti itu saya kemudian melihat ada beberapa teman penulis yang masih online. Percakapan dimulai dengan pembukaan " Gimana kabar, sibuk nulis apa nih?" atau "Duh...yang makin populer...ganggu gak nih, Butuh curhat..." atau "Bisa minta waktu bentar nggak ya. Ada yang kurang semangat kayaknya...hehehe...daku maksudnya..." dan lain-lain seenjoynya kita saja. Kita punya kreatifitas yang berbeda lah dalam mengolah kalimat...
Setelah kalimat pembuka dan mereka respon dengan baik...ya sudah...silakan dilanjutkan.
"Lagi males nulis deh kayaknya saya. Semangati dong biar nggak males..."
Akhirnya dari sana kemudian mengalir sebuah solusi. Saya mendapatkan pengalaman dia saat kemalasan mendera dan bagaimana yang dia lakukan. Dan, kadang kala...hanya dengan bercakap-cakap seperlunya saja (bukan solusi sebenarnya) saya malah jadi fresh. Kemalasana itu tiba-tiba sirna hanya dengan saling menyapa dengan sesama penulis. Ya...bisa jadi karena hobi dan kebiasaan yang sama...dari obrolan biasa saja lantas menjadi sebuah penyegaran secara tak langsung. Luar biasa ya ternyata?
Contoh lain :
Saya kebingungan menghadapi kebuntuan saat membuat novel, akhirnya menyapa salah seorang penulis yang memang ahlinya di bidang novel. Dari sana munsullah solusi untuk saya. Kebuntuan-kebuntuan itu ternyata bisa terjadi karena alur yang belum kuat saat saya merencanakan kisahnya. Bisa jadi juga saya nggak fokus dan masih membayangkan kisah lain...hingga keasyikan nulis tanpa berkaca pada alur yang ada.
Asyik deh pokoknya!
Nah, yuk! Yang suka nulis...rajin-rajin ya sharing dengan sesama penulis. Penulis pemula, penulis senior...bisa semua.
Selamat mencoba, dan...
Salam menulis!!!

COMMENTS

BLOGGER
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Sering Curhat Antar Penulis
Sering Curhat Antar Penulis
http://1.bp.blogspot.com/-yRx1j93j7uU/UCqULcpv4GI/AAAAAAAAAG8/DLXMzenfLPU/s320/Menulis.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-yRx1j93j7uU/UCqULcpv4GI/AAAAAAAAAG8/DLXMzenfLPU/s72-c/Menulis.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2012/08/sering-curhat-antar-penulis.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2012/08/sering-curhat-antar-penulis.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy