Garam dan Telaga

Kisah ini saya ambil pada sebuah situs, dengan pengubahan redaksi. Semoga memotivasi! Ada seorang lelaki berusia 50-an yang tinggal d...

Kisah ini saya ambil pada sebuah situs, dengan pengubahan redaksi. Semoga memotivasi!

Ada seorang lelaki berusia 50-an yang tinggal di dekat sebuah telaga. Dia adalah seorang guru yang sangat mashur dan biasa dijadikan banyak orang sebagai tempat mengadu. Suatu ketika, datanglah seorang pemuda berwajah kusut kepadanya. Ia menangis dan mencurahkan segala isi hatinya. Ia mengatakan bahwa dirinya sangat stres terhadap masalah yang membebaninya. Di sana-sini ada saja hal yang mengganggunya. Rumahtangganya, pekerjaannya, bahkan dirinya sendiri...semuanya kacau. Ia tak bisa menata hati dan dirinya sampai keinginan untuk bunuh diri pun terlintas.
Sang guru pun menyuruh pemuda itu megambil segenggam garam. Lalu
atas perintah sang guru, garam itu ia masukkan pada sebuah gelas berisi air. Ia mengaduknya, sang guru menyuruh pemuda mencicipi air garam tersebut. Pemuda itu bilang rasanya sangat asin.
Kemudian, sang guru memintanya kembali untuk menggenggam garam. Ia lalu mengajak pemuda itu ke telaga di samping rumah. "Taburkan garam itu ke telaga!" perintah sang guru.
Pemuda itu menuruti.
"Sekarang, minum air telaga ini. bagaimana rasanya?"
"Segar, guru." jawab pemuda.
"Apakah ada rasa garam di air itu?"
"Tidak."
Sang guru pun lalu menjelaskan bahwasanya masalah itu ibarat segenggam garam. Jika ia masuk pada sebuah wadah yang sempit (gelas) maka dengan jumlah air yang terbatas itu akan menjadikan rasa air itu sangat asin dan tak enak jika diminum. Namun jika segenggam garam itu masuk ke sebuah telaga yang luas, maka rasa garam itu tak terasa. Karena telaga adalah wadah yang pas jika garam diumpamakan sebagai ancaman, ujian, persoalan...atau tepatnya adalah...masalah!
Lalu, wadah apakah yang harus kita miliki untuk menampung masalah agar semuanya tidak menjadi kacau? Kita butuh hati yang lapang lagi terasah. Dengan hati yang lapang, kita akan sadar bahwa masalah yang terjadi dalam hidup adalah menjadi sebuah kelaziman. Semua itu harus dihadapi dan tak boleh dihindari. Ibaratnya di depan kita ada bukit yang tinggi, padahal kita harus meneruskan perjalanan...maka bukit itu pun harus didaki. Bukan kita mundur lalu menyerah dengan perjalanan yang sedang diperjuangkan.
Dengan hati yang lapang pun akan mengarahkan kita pada sebuah ikhtiyar dan kepasrahan kepada sang khaliq. Kita berusaha menyelesaikan masalah itu, dengan berserah diri kepada Tuhan yang Maha menciptakan.
Dan, dengan hati yang terasah, kita tak akan kaget atau shock dengan masalah yang tiba-tiba datang. Terasah disini artinya sarat akan ilmu dan kebaikan. Dengan ilmu, membuat hati kita punya dasar menyikapi masalah, dan dengan kebaikan akan senantiasa mendorong hati untuk berbuat sesuatu yang lurus.

Maka dari itu, jadikan diri kita memiliki hati yang lapang lagi terasah. Masalah bisa berarti ujian, cobaan, atau peringatan. Pandai-pandailah kita menyikapinya.

COMMENTS

BLOGGER
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Garam dan Telaga
Garam dan Telaga
http://1.bp.blogspot.com/-PFdaY7I_D4E/T99bYr8SUiI/AAAAAAAAAGE/SEHrbEqF1Nw/s400/telaga+2.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-PFdaY7I_D4E/T99bYr8SUiI/AAAAAAAAAGE/SEHrbEqF1Nw/s72-c/telaga+2.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2012/06/garam-dan-telaga.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2012/06/garam-dan-telaga.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy