Ide tak muncul? Menulislah sesukamu!

Saya yakin, banyak sekali kendala yang dialami penulis pemula dalam menumbuhkan semangat menulis. Mungkin sebenarnya itu bukan kendala, ...



Saya yakin, banyak sekali kendala yang dialami penulis pemula dalam menumbuhkan semangat menulis. Mungkin sebenarnya itu bukan kendala, namun bisa dikatakan sebagai hal-hal yang memalingkan diri dari keinginan untuk menulis. Hehe, sama saja ya? Dan dari hal-hal tersebut menjadikan diri enggan menorehkan sejarah, enggan menuangkan segala macam uneg-uneg melalui tulisan, juga enggan membuat berbagai karya fiksi padahal kita punya bakat yang bisa diasah.
Yap! Kali ini saya mau membahas mengenai salah satu kendala itu. Saya angkat tentang...tak ada ide! Bagaimana? Puyeng kan kalau tak ada ide yang bisa dituangkan padahal semangat empat lima untuk menulis sudah menggebu? Tangan sudah tak sabar ingin memencet tuts setiap keyboard lalu merangkainya menjadi satu karya yang luar biasa namun setelah terduduk manis di depan monitor hanya melompong bin melongo saja karena tak tahu apa yang harus ditulis. Lagi-lagi alasan itu karena...tak ada ide.
Tipsnya,
jangan terpacu pada suatu hal, dan menulislah sesukamu. Jangan menunggu ada event lomba atau audisi agar kamu bisa memperoleh penghargaan atas karya yang kamu buat. Kamu ingin nulis apapun, tuliskanlah di laptop atau komputermu. Apa yang muncul di pikiranmu saat itu, tuangkan segera agar tak hilang ide. Atau...jika kamu sering merasa “kedatangan” inspirasi, segera saja tulis dalam buku saku yang bisa kamu bawa kemanapun kamu pergi. Karena bisa jadi saat kamu bekerja, jalan-jalan, belanja, atau sekolah sekalipun...bisa saja inspirasi itu mampir. Maka jangan segan-segan untuk menyimpan ide-ide itu dalam buku sakumu. Saat ada waktu nanti, ide-ide itu bisa dituangkan dengan tulisan yang lebih lengkap dalam ketikan yang rapi, yang nantinya bisa jadi tabungan naskah bagimu.
Saya sering melakukan hal ini. Banyak sekali konsep cerpen yang ingin saya tulis. Saya tuliskan dulu dalam buku saku, lalu saat tak repot atau punya waktu khusus untuk menulis, maka saat itu pun tiba.
Pertanyaan besarnya kan bukan itu, bagaimana kalau tak ada ide sama sekali??? Begitu kan?!
Oke, oke...tetaplah menulis sesuka hatimu. Jangan terbebani. Dan kamu, bisa coba tips ini agar ide-ide bisa muncul. Supaya tidak melongo memandangi monitor :
1. Baca biografi penulis hebat
Dengan membaca biografi mereka, kamu bisa mendapatkan banyak hal. Bagaimana mereka mendapatkan ide, apa saja tulisan yang menjadi karyanya, bagaimana awal-awal memulai menulis hingga berjaya...bagaimana mereka jatuh bangun dalam karir kepenulisan hingga mereka memiliki buku-buku best seller dan melegenda...itu akan menjadikan kamu “ngiri” lalu mengatakan “kalau dia bisa mengapa aku tidak? Aku pasti bisa!”
2. Baca info dan peluang menulis
Dari sini, semangat akan terpacu yang kemudian akan melahirkan ide tentang apa yang akan kita tulis. Dengan adanya peluang menulis, selalu ada tema yang sudah disajikan. Dengan begitu biasanya kamu akan terarahkan dan tak memiliki status “nihil” dalam ide. Juga, kamu akan melihat komentar-komentar dari penulis pemula yang juga semangat dalam mengikuti ajang tersebut.
Info dan peluang ini bisa dari jejaring sosial, majalah, surat kabar, atau blog seseorang.
3. Rajin bergabung dan AKTIF dalam grup penulis
Selain untuk memenuculkan ide karena rajin berinteraksi dengan penulis, dengan melakukan hal ini kamu bisa menajamkan ke-profesionalitas-an sebagai penulis. Kamu akan makin pede dengan dirimu juga tulisanmu.
4. Seringlah menengok web-web penerbit
Penerbit sering menuliskan dalam web-nya “Kami menerima naskah yang sesuai dengan arah dan visi misi penerbit”. Dari kalimat itu seringkali mendorong saya untuk menelusuri tema-tema apa saja yang bisa diterima oleh penerbit tersebut. Lalu menjadi terpacu karena melihat tema-tema yang tertera sesuai dengan kapasitas yang saya miliki. Cobalah, barangkali kita jadi punya pengalaman sama.
5. Manfaatkan segala aktifitas untuk “menangkap” ide
Ini kaitannya dengan buku saku tadi. Jadi, apapun yang kamu lakukan, jangan jauh-jauh dari buku saku supaya tidak kehilangan ide. Kalau sudah hilang...mencarinya...susaaaah!

Kalau langkah-langkah itu belum juga membantumu menemukan ide, kembali ke tips utama, menulislah sesukamu! Jangan biarkan tulisanmu tak bertambah hanya karena alasan tak punya ide. Tuliskan saja perasaan tentang tak punya ide itu. Meski kesannya hanya sebagai curhat, namun di kemudian hari bisa jadi kamu bisa mengemasnya menjadi tulisan yang lebih cantik, dan kamu beri judul dengan...”kegalauan penulis pemula” hihihi
Good Luck!

COMMENTS

BLOGGER
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Ide tak muncul? Menulislah sesukamu!
Ide tak muncul? Menulislah sesukamu!
http://2.bp.blogspot.com/-rny3JtwhHlE/T72RPjZsMqI/AAAAAAAAAF4/Pur7j-3XrTU/s320/menulis.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-rny3JtwhHlE/T72RPjZsMqI/AAAAAAAAAF4/Pur7j-3XrTU/s72-c/menulis.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2012/05/ide-tak-muncul-menulislah-sesukamu.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2012/05/ide-tak-muncul-menulislah-sesukamu.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy