Penting untuk dibaca kamu yang suka nulis

Apa yang harus dilakukan setelah kita mengirimkan naskah ke media? Tentu senang lah ya, kalau seorang penulis bisa mengirimkan karyanya...



Apa yang harus dilakukan setelah kita mengirimkan naskah ke media?

Tentu senang lah ya, kalau seorang penulis bisa mengirimkan karyanya ke sebuah media. Entah itu ke majalah, tabloid, koran, atau ke penerbit sekalipun. Dengan mengirimkan naskah yang sesuai dengan kapasitas masing-masing, itu berarti kita telah menunjukkan eksistensi sebagai seorang penulis. Penulis pemula, ataupun senior.
Lalu apa yang musti dilakukan setelah kita plong mengirimkan naskah? Mungkin teman-teman bisa simak tips singkat ini :
1. Fokus kepada naskah yang belum selesai
Seringkali penulis memiliki banyak inspirasi atau ide
dadakan yang kemudian dituangkan dalam sebuah catatan kecil, atau
mungkin hanya sebuah draf. Contoh, saat tiba-tiba kita ingin membuat cerpen dengan alur yang sudah jelas ada di pikiran. Bahkan mengenai tokoh dan lain-lain kita sudah ada. Tapi karena kita sedang membuat tulisan lain misalnya sedang ikut audisi, membidik sebuah penerbit, akhirnya cerpen tadi pending dan belum dibuat. Atau mungkin sudah mulai ditulis namun belum selesai.
Nah, kondisi ini biasanya sering terjadi. Apalagi kalau kita sering kedatangan ide mendadak lalu mengumpulkannya dalam folder kerangka tulisan. Inilah yang namanya tabungan! (kok tabungan? Ya, karena sewaktu-waktu bisa diambil untuk dijadikan naskah yang utuh).
Setelah satu naskah kita kirimkan ke media, liriklah kembali draf-draf tadi. Pilah-pilah mana yang akan diselesaikan lebih dulu, lalu konsen pada tulisan. Misalkan ternyata ada 1 draf novel, 6 cerpen, 2 cerbung, 3 naskah nonfiksi. Pilihlah mana yang akan kita selesaikan. Jika kita memutuskan untuk menyelesaikan novel, maka mulailah melanjutkan novel itu. Jika telah selesai, bisa dilajutkan dengan menulis naskah nonfiksi atau yang lainnya. Intinya, jangan sampai naskah-naskah yang jadi tabungan itu lalu sia-sia dan tak memiliki kelanjutan.
2. Memulai tulisan baru
Ini kondisi yang beda dengan kondisi pertama. Kondisinya sekarang kita tak punya draf tulisan setelah selesai mengirimkan beberapa naskah ke media. Maka, segeralah membuat tulisan baru. Kembalilah menajamkan pena, memusatkan pikiran menuju inspirasi baru supaya bisa segera dituangkan. Dengan melakukan hal ini, insya Allah kita akan menjadi penulis yang produktif.
Tak harus dengan tema yang sama. Misal kita baru saja mengirimkan artikel ke sebuah surat kabar. Tulisan yang akan dibuat selanjutnya tak harus artikel. Boleh jadi kita kemudian ingin menulis cerpen, cerbung, atau mungkin sekedar menulis kisah-kisah hikmah.
3. Mencari info & peluang menulis
Tak jarang seorang penulis mengalami kebuntuan berpikir. Dia bingung terhadap apa yang akan ditulis karena merasa kehilangan ide. Dengan mencari info dan peluang menulis, ini membantu dia untuk bisa menuangkan kembali idenya. Karena sedang blank, bisa jadi perlombaan atau audisi yang kian marak di dunia maya, membuat ide itu muncul seketika karena kan dalam audisi itu ditentukan syarat-syarat umum dan khususnya. Kalau memang kita bisa mengikuti ajang itu, kenapa tidak? Cari mana yang cocok, lalu fokus ke sana. Daripada kita menganggur karena tak ada ide, ada baiknya kita coba langkah ini.
4. Baca buku
Menulis dan membaca menjadi pasangan yang tak bisa dipisahkan. Kalau kita jago banget dalam menulis tapi tak mau baca buku, artikel, koran, atau bacaan lainnya, itu namanya sombong. Kita merasa apa yang sudah ditulis, dirasa sudah cukup. Padahal tidak. Dengan membaca, seorang penulis m
endapatkan pengayaan ilmu yang bisa dipakai untuk memperkaya tulisannya. Ia akan semakin cerdas dan tak hanya dianggap ngibul karena tulisannya yang tak berdasar.
Nah, momen setelah mengirimkan naskah ke media bisa juga kita isi dengan membaca. Don’t miss it!
5. Terus mengirimkan naskah
Tulisan-tulisan yang telah diselesaikan pada poin nomor 1, jangan lalu didiamkan. Bidiklah media yang tepat untuk mereka. Lihat syarat dan ketentuan mengirimkan naskah pada media yang kita bidik, lalu lihat kembali tulisan kita. Dirasa sudah sesuai, kirimkanlah naskah itu! Jangan lupa, katelitian sangat dianjurkan. Alamat email, subjek, atau pengantar di badan emai jangan sampai keliru dengan nama media (majalah, koran, tabloid, penerbit) lain.
6. Jangan menunggu dengan P A S I F, menunggulah yang A K T I F !
Kita boleh menunggu dalam artian was-was apakah naskah kita akan dimuat, diterbitkan atau tidak. Tapi dalam masa penantian itu, jadilah penulis yang aktif. Boleh menanyakan ke redaktur, tapi hanya sekali saja dengan pertanyaan yang lengkap. Setelah itu biarlah waktu yang menjawab lalu kita terus AKTIF menulis seperti biasa, jangan sampai terjebak dengan aktifitas menunggu dengan angan-angan yang tinggi.
Pasti kepingin lah ya kalau tulisan kita dimuat. Tapi ingat, jangan hanya habiskan waktu dengan menunggu.

Oke!
Semangat menulis ya!
Semoga karya-karya kita makin bertebaran di muka bumi dan membawa manfaat bagi penduduk bumi ini :)

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Penting untuk dibaca kamu yang suka nulis
Penting untuk dibaca kamu yang suka nulis
http://3.bp.blogspot.com/-wqIeVBTQ-2E/T5YwD-oPQDI/AAAAAAAAAD4/_K9bdiqp9uw/s200/menulis.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-wqIeVBTQ-2E/T5YwD-oPQDI/AAAAAAAAAD4/_K9bdiqp9uw/s72-c/menulis.jpg
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2012/04/penting-untuk-dibaca-kamu-yang-suka.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2012/04/penting-untuk-dibaca-kamu-yang-suka.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy