Ingin berlari, namun baru bisa berjalan

Kadang, ingin sekali saya menerjang segala keterbatasan untuk bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi umat. Saya merasa potensi yang ada...

Kadang, ingin sekali saya menerjang segala keterbatasan untuk bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi umat. Saya merasa potensi yang ada belum maksimal diaplikasikan. Padahal, apapun yang bisa dilakukan demi kepentingan membangun bangsa, harusnya bisa dimaksimalkan agar tidak eman-eman. Namun saya sadar mengapa semuanya belum maksimal. Bukan karena kemalasan, namun karena memang ada keterbatasan.
Contoh, suatu ketika saya penuh dengan jadwal padat. Harus berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain untuk sekedar mengisi ceramah, mengajari baca al quran, menghadiri seminar, diskusi, atau mungkin hanya bertugas menyampaikan info penting pada suatu masyarakat. Namun sayangnya kadang harus bentrok dengan jadwal suami. Motor baru satu, namun kami sama-sama memiliki kepentingan. Jadilah kami mengefesienkan waktu dengan berangkat bersama, saling mengantar satu sama lain agar kemudahan transportasi dan mobilisasi dapat terkendali. Suami mengantar saya, saya mengantar suami. Si kecil Nahla juga terus membersamai karena belum ada aktifitas rutin seperti sekolah karena baru tahun inilah nanti kami akan menyekolahkannya.

Selain harus membagi kendaraan, juga waktu yang seolah berjalan cepat sekali karena agenda lain menunggu. Belum selesai satu agenda, yang lain sudah "tuing-tuing" mengingatkan seperti alarm. Belum kalau Nahla musti mengeluarkan aksi ngambek atau rewelnya yang sempat membuat saya hilang kendali (baca: marah). Dan akhirnya membuat saya menyesal karena kemarahan kecil itu.
Semua karena keterbatasan sehingga semuanya kadang terasa sulit. Inikah sunnatullah? Mungkin saya harus sadar. Keadaan inilah yang harus dihadapi untuk saat ini. Meski harus menunggu suami pulang (menunggu motor tepatnya) dengan berbuliran air mata (karena waktu sudah molor, merasa tidak amanah) tapi saya harus sadar ini harus diikhlaskan. Selagi semua keinginan untuk umat itu bisa diperjuangkan, saya akan tetap berkontribusi bagaimanapun caranya. Allah akan menilai usaha saya, saya yakin itu. Meski manusia di sekeliling mungkin ada yang beranggapan kinerja saya kurang bagus (karena sering terlambat atau yang lainnya), biarlah...proses yang berbeda dengan mereka lah yang membuat saya begitu. Bukan kesengajaan.
Saya yakin tak sendiri. Teman-teman di luar sana pasti ada yang merasakan dilema ini. Ingin berlari, namun kaki baru bisa berjalan. Percayalah (sambil menyemangati diri sendiri) suatu saat masa untuk berlari itu pasti ada! Jangan hanya karena keterbatasan, lantas menyurutkan langkah kita dalam beramar makruf nahi munkar.

COMMENTS

BLOGGER
Name

aku dan keluarga,10,al quran,4,cerita lucu,2,Cerpen,20,Hikmah,26,inspiratif,40,keluarga,1,Kepenulisan,26,lomba,6,naskah drama,6,nuansa wanita,21,penerbit,7,Perjalanan Penulis,13,Perjalanan_penulis,3,puisi,3,
ltr
item
Catatan Isnaeni DK: Ingin berlari, namun baru bisa berjalan
Ingin berlari, namun baru bisa berjalan
Catatan Isnaeni DK
https://www.isnaenidk.com/2012/04/ingin-berlari-namun-baru-bisa-berjalan.html
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/
https://www.isnaenidk.com/2012/04/ingin-berlari-namun-baru-bisa-berjalan.html
true
4217727946596129531
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy